Rabu 21 Jun 2023 12:34 WIB

Kapal Selam Wisata Titanic Dioperasikan dengan Tombol Video Game?

Kapal selam itu menggunakan pengontrol Logitech G F710.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Kapal selama wisata itu membawa lima wisatawan untuk melihat puing-puing kapal Titanic
Foto: AP
Kapal selama wisata itu membawa lima wisatawan untuk melihat puing-puing kapal Titanic

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak akhir pekan, internet terfokus pada nasib kapal selam dengan lima penumpang miliarder yang hilang saat melakukan ekspedisi wisata ke reruntuhan Titanic. Salah satu yang menarik perhatian adalah video-video yang beredar sebelum penyelaman, termasuk penggunaan pengontrol video gim untuk kapal selam tersebut.

Menurut video dan foto yang beredar, kapal selam itu menggunakan pengontrol Logitech G F710. Namun, dikutip dari mashable, ada beberapa bagian konteks yang sangat penting untuk segera diperhatikan.

Baca Juga

Hingga saat ini tidak dapat dipastikan kapal selam ekspedisi yang hilang menggunakan pengontrol tersebut atau yang lain. Perbedaan ini ditunjukkan Kotaku bahwa beberapa pengontrol berbeda telah terlihat di foto kapal selam.

Namun, pengontrol kapal selam Logitech G F710 ini pertama kali keluar pada 2010 dan harganya 30 dolar AS. Lebih dari 4.000 ulasan pelanggan di Amazon dan memiliki peringkat 4,2 bintang dari 5. Pelanggan sangat menyukai ergonomi pengontrol dari alat itu. Situs lain, LevelSkip, menampilkan keluhan umum, termasuk penggunaan baterai AA, kualitas D-pad, dan gangguan nirkabel sesekali.

Penggunaan pengontrol untuk mengarahkan kapal selam mungkin terasa seperti konsep liar. Namun, pengontrol gim dan desain yang terinspirasi dari pengontrol gim umumnya digunakan oleh militer di seluruh dunia untuk mengarahkan drone, tank, dan kendaraan lain. Menurut laporan Vice, Angkatan Laut Amerika Serikat telah menggunakan pengontrol permainan untuk mengoperasikan bagian-bagian kapal selamnya, termasuk periskop.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement