Selasa 11 Jul 2023 22:25 WIB

Rusia Mengingatkan Turki Agar tak Berilusi Jadi Anggota Uni Eropa

Peskov menyatakan orang-orang Eropa tak ingin melihat Turki di UE.

Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) berbicara dengan  juru bicara Kremlin Dmitry Peskov (kedua kanan) dalam KTT G-20 di Antalya, Turki, Senin, 16 November 2015.
Foto:

‘’Saya menyeru dari sini kepada negara-negara yang membuat Turki menunggu di depan UE selama lebih dari 50 tahun,’’ kata Erdogan menjelang keberangkatannya ke Vilnius, Lithuania, untuk menghadiri pertemuan pemimpin negara NATO. 

Ia lalu menyampaikan persyaratan, ’’Pertama, datang dan buka pintu untuk Turki masuk ke UE. Lalu, kami akan membuka pintu untuk Swedia, seperti yang telah kami lakukan ke Finlandia,’’ kata Erdogan. Ia bertekad menyampaikan hal ini saat pertemuan NATO.

Rusia memahami, Turki telah memenuhi kewajiban sebagai anggota NATO terhadap Swedia.

Turki telah memberikan akses kepada Swedia untuk menjadi anggota NATO setelah selama setahun mengebloknya. Rusia melihat ekspansi NATO sebagai ancaman. Kremlin menghendaki hubungan yang kuat dan saling menguntungkan dengan Ankara.

Meski terkadang terdapat perbedaan sikap, termasuk soal NATO. Apalagi Turki salah satu anggota NATO. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memelihara hubungan baik dengan Moskow maupun Kiev selama 16 bulan perang Ukraina. 

Ia menolak bergabung dengan negara Barat menjatuhkan sanksi kepada Rusia terkait invasi ke Ukraina. Presiden Vladimir Putin juga akan berkunjung ke Turki pada Agustus mendatang. Selama ini, Turki juga dianggap memberikan bantuan berharga ke Rusia. 

Tahun lalu, Turki membantu memediasi pertukaran tahanan antara Rusia dan Ukraina. Kremlin menyatakan, Putin sangat menghargai upaya Erdogan dalam mediasi tersebut. Kremlin berniat membangun hub baru di Turki untuk mengekspor gas Rusia. 

Moskow mengubah rute pengapalan gas dalam merespons sanksi Eropa. Sejak menginvasi Ukraina, negara-negara Barat mengurangi tajam ketergantungan pada gas Rusia. 

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement