Jumat 21 Jul 2023 08:17 WIB

Salwan Momika Kembali Berulah, Kali Ini Injak Alquran di Luar Kedubes Irak

Kepolisian Swedia mengonfirmasi memberikan izin aksi Momika.

Salwan Momika membakar Alquran saat aksi di  Stockholm, Swedia, 28 Juni 2023 lalu.
Foto:

Saat fajar menjelang, polisi dan petugas keamanan berkumpul di kedubes yang terbakar itu, bersamaan dengan upaya pemadam kebakaran menjinakkan api melalui tangga truk pemadam. Sejumlah demonstran masih di sana. 

Swedia menjamin hak berunjuk rasa dan dilindungi  konstitusi di sana. Hukum penistaan dihapuskan pada 1970-an. Secara umum, polisi akan memberikan izin dengan pertimbangan bahwa aksi dilakukan tanpa menimbulkan kekacauan besar atau berisiko pada keamanan public. 

Namun bagi Muslim, pembakaran dan perlakuan tak hormat  terhadap Alquran merupakan penistaan terhadap kitab sucinya itu. Di Afghanistan, Taliban menangguhkan semua aktivitas semua organisasi yang berasal dari Swedia. 

Pada Kamis, Pemerintah Irak  mengusir dubes Swedia dari Baghdad dan menarik kuasa usaha mereka dari Swedia. Perdana Menteri Irak Mohammed Shia al-Sudani mengingatkan Swedia bahwa Irak akan memutuskan hubungan diplomatik jika pembakaran Alquran kedua, setelah pada Idul Adha lalu terjadi di Swedia. 

‘’Pemerintah Irak telah menginformasikan kepada Pemerintah Swedia melalui saluran diplomatik, berulangnya pembakaran Alquran di Swedia akan merusak hubungan diplomatik,’’ demikian pernyataan Sudani, Kamis.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement