Selasa 01 Aug 2023 15:51 WIB

Topan Doksuri Rendam Beijing

Sisa dari Topan Doksuri melepaskan banjir terbesar dalam satu dekade

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Sisa dari Topan Doksuri melepaskan banjir terbesar dalam satu dekade di beberapa bagian Cina utara.
Foto:

Badai tersebut adalah yang paling mematikan yang melanda Beijing sejak 2012 ketika banjir menewaskan 77 orang. Cina memang menghadapi topan dan hujan lebat selama bulan-bulan musim panas, tetapi frekuensi dan kerusakan yang ditimbulkan oleh hujan tahunan telah diperburuk oleh perubahan iklim. Sedikitnya 300 orang meninggal dalam banjir di Zhengzhou, provinsi Henan tengah, pada 2021.

Doksuri adalah salah satu topan terkuat yang melanda Cina dalam beberapa tahun terakhir. Topan ini membuat pendaratan di provinsi pesisir tenggara Fujian, dengan pihak berwenang mengatakan, lebih dari 2,6 juta orang terkena dampaknya.

Topan melemah menjadi badai saat bergerak ke utara tetapi melepaskan curah hujan dalam jumlah besar. Sebelum menerjang Fujian, topan tersebut telah menewaskan sedikitnya 39 orang di Filipina dan menerjang sebagian Taiwan selatan.

Bahkan saat Doksuri berkurang, hanya ada sedikit kelegaan. Pihak berwenang sedang mempersiapkan topan Khanun yang akan datang dan merupakan topan keenam yang diproyeksikan akan melanda Cina tahun ini. Peramal cuaca memperkirakan gelombang badai akan melanda daerah pesisir provinsi Zhejiang timur hingga Kamis (4/8/2023).

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement