Sabtu 05 Aug 2023 14:34 WIB

Panas Ekstrem Paksa Kontingen Tinggalkan Jambore Korsel Lebih Awal

Kontingen Inggris memutuskan pindah ke sejumlah hotel di Seoul.

Berkemah (ilustrasi)
Foto:

Pihak terkait rencananya bertemu Sabtu ini, membicarakan apakah jambore tetap dilaksanakan sesuai jadwal atau sebaliknya. Demikian dilaporkan kantor berita Korsel, Yonhap. Dihantam cuaca panas, ratusan peserta jambore jatuh sakit. 

Orang tua mengajukan keluhan karena khawatir atas keselamatan anak mereka yang ikut jambore. Lebih dari 150 negara ambil bagian dalam jambore dunia ini. Pemerintah Korsel menjanjikan lebih banyak truk air, medis, dan sistem pendingin. 

Suhu mencapai 34 derajat Celcius di Saemangeum, dekat Buan yang berada di pantai barat Korsel, lokasi penyelenggaraan jamboree. Sebanyak 39 ribu anggota pramuka berusia 14-18 tahun berkemah di sana sejak Jumat. 

Kristin Sayers, warga Virginia, AS menuturkan, mimpi indah anaknya Corey yang berusia 17 tahun ikut jambore dengan biaya 6.500 dolar AS itu berubah menjadi ‘mimpi buruk’.

‘’Dia sangat menyadari betapa besarnya uang itu dan pengorbanan kami sebagai keluarga mengirimnya ke jambore. Kami bisa melakukan banyak hal dengan uang sebanyak itu,’’ kata Sayers melalui sambungan video. 

Dalam upaya untuk menenangkan suasana, Presiden Korsel Yoon Suk Yeol memerintahkan para pejabat untuk melakukan program tur. Para peserta jambaro diajak untuk menikmati budaya dan pemandangan alam Kores di Seoul dan kota lainnya. 

Beberapa negara termasuk Filipina dan Argentina menegaskan akan tetap di lokasi perkemahan meski menghadapi cuaca ekstrem. ‘’Kami melihat ada sejumlah peningkatan di sekitar lokasi perkemanahan,’’ kata Marina Rustan, presiden Argentina Scout Association.

Pihaknya, kata dia, memegang kata-kata Pemerintah Korsel bahwa semuanya akan lebih baik. 

 

sumber : Reuters

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement