Rabu 09 Aug 2023 15:40 WIB

Dapat Tekanan, Bank Dunia Hentikan Pinjaman ke Uganda karena Terapkan UU Anti-LGBT

Pemerintah Uganda menuding Bank Dunia bersikap munafik.

Logo Bank Dunia

Termasuk menangguhkan pinjaman-pinjaman ke Uganda pada waktu mendatang. Menteri Luar Negeri Uganda Okello Oryem menuding Bank Dunia bersikap munafik dan kebijakan itu hanya diterapkan kepada Pemerintah Uganda. 

Ia menyatakan, Bank Dunia tetap memberikan pinjaman ke negara-negara di Timur Tengah dan Asia yang mempunyai hukum yang sama atau lebih keras pada homoseksualitas. 

‘’Banyak negara Timur Tengah yang tak menoleransi homoseksual, mereka menjatuhkan hukuman gantung atau menghukum mati homoseksual. Di AS banyak negara bagian meloloskan UU baik menentang atau membatasi aktivitas homoseksual, jadi mengapa Uganda?,’’ tanya Oryem. 

Ia juga menegaskan,’’Bank Dunia ditekan para imperialis.’’ Bank Dunia mempersiapkan 5,4 miliar dolar AS pembiayaan International Development Association ke Uganda pada akhir 2022. Termasuk proyek kesehatan, edukasi yang bisa terpengaruh UU baru itu. 

Seorang sumber di Bank Dunia mengungkapkan, proyek yang ada sekarang akan tetap mendapatkan dana tetapi pinjaman baru akan dihentikan. 

Proyek sektor swasta yang didukung International Finance Corporation (IFC) dan Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA) akan berjalan secara selektif. Demikian pernyataan Bank Dunia dalam nota terpisah kepada para stafnya. 

‘’IFC dan MIGA akan menerapkan langkah tambahan untuk meyakinkan semua berjalan inklusif dan tak diskriminatif,’’ ujar nota tersebut

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement