Kamis 10 Aug 2023 10:07 WIB

Bagian Normalisasi dengan Saudi, Israel Inginkan Jaminan Keamanan AS dari Ancaman Iran

Mengenai isu normalisasi ini, Netanyahu akan bertemu Biden di AS tahun ini.

Presiden AS Joe Biden (kanan) bertemua Presiden Israeli Isaac Herzog di Gedung Putih, Washington, DC ,18 Juli 2023.
Foto:

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Matthew Miller menjelaskan, ada pembicaraan produktif atas kemungkinan kesepakatan Saudi-Israel. Dalam beberapa pekan ke depan diharapkan bakal lebih banyak pembicaraan soal isu ini.

‘’Kami telah membuat kemajuan dalam sejumlah isu. Saya tidak akan membahas apa progresnya tetapi jalannya masih panjang,’’ katanya. Sebelumnya, normalisasi dapat digunakan untuk mendapatkan konsesi dari Israel yaitu penciptaan negara Palestina merdeka. 

Namun, Palestina melihat kebijakan garis keras pemerintahan sayap kanan Israel saat ini, menipiskan harapan bahwa normalisasi Saudi-Israel akan mampu mengubah kondisi apalagi tercapainya Palestina merdeka. 

Sampai saat ini, Israel terus memperluas permukiman ilegal di wilayah pendudukan Palestina. Selain itu, bertahun-tahun warga Palestina di Tepi Barat mengalami gelombang kekerasan dari militer Israel. Namun, AS tetap menjadikan normalisasi ini kebijakan kuncinya. 

Selama kunjungannya ke Washington, DC bulan lalu, Presiden Israel Isaac Herzog berterima kasih kepada AS yang bekerja untuk mewujudkan hubungan damai antara Israel dengan Saudi, negara berpengaruh besar di dunia Muslim. ‘’Kami berdoa momen ini tiba.’’

Dalam hal ini, Pemerintah Saudi secara resmi tidak mengubah sikapnya yang merujuk Arab Peace Initiative, yaitu adanya pengakuan dari Israel terhadap negara Palestina dan ada solusi adil atas nasib pengungsi Palestina. 

sumber : AP/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement