Kamis 24 Aug 2023 12:51 WIB

Tak Hanya Prigozhin, Para Musuh Vladimir Putin yang Lain Alami Nasib Hampir Sama

Yevgeny Prigozhin, mantan sekutu Presiden Vladimir Putin, tewas dalam kecelakaan.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Presiden Rusia Vladimir Putin.
Foto:

Vladimir Kara-Murza

Seorang aktivis oposisi Rusia, Vladimir Kara-Murza, mengatakan, ia yakin ada upaya untuk meracuninya pada 2015 dan 2017. Sebuah laboratorium di Jerman kemudian menemukan kadar merkuri, tembaga, mangan, dan seng yang tinggi dalam tubuhnya, menurut laporan medis yang dilihat oleh Reuters. Moskow membantah terlibat.

Alexander Litvinenko

Alexander Litvinenko, seorang mantan agen KGB dan pengkritik vokal Putin, meninggal pada 2006 dalam usia 43 tahun setelah meminum teh hijau yang dicampur dengan polonium-210, isotop radioaktif yang langka dan kuat, di Hotel Millennium, London, demikian ungkap para pejabat Inggris.

Putin mungkin menyetujui pembunuhan itu, demikian kesimpulan penyelidikan Inggris pada 2016. Kremlin membantah terlibat.

Penyelidikan yang dipimpin seorang hakim senior Inggris menemukan bahwa mantan pengawal KGB Andrei Lugovoy dan seorang warga Rusia lainnya, Dmitry Kovtun, melakukan pembunuhan tersebut sebagai bagian dari operasi yang menurutnya mungkin diarahkan oleh Badan Keamanan Federal Rusia (FSB), pewaris utama KGB era Soviet.

Litvinenko melarikan diri dari Rusia ke Inggris enam tahun sebelum ia diracun.

Alexander Perepilichny

Pria Rusia berusia 44 tahun ini ditemukan tewas di dekat rumah mewahnya di sebuah kawasan eksklusif di luar kota London setelah ia pergi jogging pada November 2012.

Alexander Perepilichny mencari perlindungan di Inggris pada 2009 setelah membantu penyelidikan Swiss terhadap skema pencucian uang Rusia. Kematiannya yang mendadak menimbulkan dugaan bahwa ia mungkin telah dibunuh.

Polisi Inggris mengesampingkan adanya kecurangan meskipun ada kecurigaan bahwa ia mungkin telah dibunuh dengan racun langka. Pemeriksaan pra-investigasi mendengar bahwa jejak racun langka dan mematikan dari tanaman gelsemium ditemukan di perutnya.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement