Kamis 05 Oct 2023 12:59 WIB

Serangan Kutu Busuk Buat Prancis Cemas

Kutu busuk telah dibahas tanpa henti di Prancis

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Wabah kutu busuk menyerang Paris, Prancis
Foto:

Jajak pendapat yang dilakukan oleh Badan Makanan, Lingkungan, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja Prancis memperkirakan, lebih dari 10 persen rumah tangga di Prancis terserang kutu busuk antara 2017 hingga 2022. Menurut NYtimes kelompok perdagangan pengendalian hama mengatakan, jumlah respons terhadap serangan kutu busuk pada musim panas naik sebesar 65 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kekhawatiran meningkat dalam beberapa minggu terakhir terhadap parasit yang bersembunyi di ruang gelap dan sempit dan memakan darah manusia dan hewan yang sedang tidur. Penonton bioskop di Paris dilaporkan tergigit. Gambar atau video yang tampak seperti kutu busuk di kereta atau kereta bawah tanah diunggah secara daring.

Tapi Menteri Transportasi Prancis Clement Beaune mengatakan, dari selusin kasus yang dilaporkan oleh Metro Paris dan lebih dari 30 kasus yang dilaporkan oleh perusahaan kereta api nasional Prancis, tidak ada yang diperiksa. “Kami menangani masalah ini dengan serius,” katanya.

Beaune menekankan bahwa bus, kereta api, dan kereta bawah tanah dibersihkan secara berkala dan dikeluarkan dari peredaran jika ada kecurigaan. “Kita tidak boleh menyerah pada psikosis atau kecemasan," katanya.

Peningkatan ini menjadi sorotan tajam menjelang Olimpiade 2024. Kekhawatiran mengenai kesiapan Prancis dalam penyelenggaran ini membuat lawan-lawan Presiden Emmanuel Macron ingin sekali berkelahi.

Pemerintahan Macron terpaksa mengadakan pertemuan tingkat tinggi pekan ini, untuk meyakinkan dunia bahwa Kota Cahaya tidak berubah menjadi Kota Gigitan. “Kita perlu memberikan jawaban kepada Prancis,” kata juru bicara pemerintah Olivier Veran pada Rabu (4/10/2023).

Veran menyatakan, cakupan sebenarnya dari masalah kutu busuk itu masih belum jelas. Dia mengatakan, pemerintah akan mengumumkan langkah-langkah baru setelah rapat kabinet pada Jumat (6/10/2023).

Pemerintah Prancis sebenarnya telah mengumumkan rencana anti-kutu busuk pada tahun lalu. Hanya saja,  sebagian besar mencakup kampanye kesadaran dan koordinasi pemerintah yang lebih baik.

Para anggota parlemen dari partai Macron juga mengatakan akan memperkenalkan rancangan undang-undang tentang masalah itu pada Desember. Namun isi rancangan undang-undang tersebut belum jelas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement