Kamis 26 Oct 2023 03:35 WIB

Pentagon: Cina Kejar Militer AS dan Rusia dengan Kapal Selam Nuklir Terbaru

Cina luncurkan kapal selam rudal tenaga nuklir pertama yang tadinya dikuasai AS-Rusia

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Cina meluncurkan kapal selam rudal tenaga nuklir pertamanya
Foto:

Pengamat keamanan dari S. Rajaratnam School of International Studies di Singapura, Collin Koh, mengatakan SSGN merupakan kemampuan baru yang penting bagi angkatan laut Cina.

"Senjata ini berpotensi memungkinkan mereka melakukan serangan darat dan anti-kapal dari jarak dekat," katanya.

Menurutnya SSGN akan mempersulit saingan Cina dalam membuat strategi.

"Saya juga memperkirakan Cina telah belajar dari pengalaman Rusia dalam menggunakannya untuk mengancam kapal induk A.S. dengan SSGN, Anda dapat melancarkan serangan pada jarak buntu, tidak seperti kapal selam serang biasa yang memiliki pilihan senjata yang lebih terbatas, dan itu merupakan keuntungan yang nyata," kata Koh.

Penelitian yang dibahas di U.S. Naval War College pada bulan Mei mencatat PLA hampir mencapai terobosan dalam membuat kapal selam bertenaga nuklir yang jauh lebih senyap dan lebih sulit dilacak oleh A.S. dan sekutunya.

Akan tetapi, beberapa diplomat dan analis mengatakan tidak jelas apakah terobosan itu telah dimasukkan ke dalam SSGN yang baru saja diluncurkan. Peningkatan tersebut diharapkan terjadi pada kapal bertenaga nuklir yang diluncurkan sebelum akhir dekade ini.

"Kecuali mereka yakin akan adanya peningkatan, kami dapat mengharapkan angkatan laut PLA untuk berhati-hati dalam cara mereka mengerahkannya," kata seorang atase militer Asia yang melacak kekuatan kapal selam Cina. Atase tersebut menolak untuk disebutkan namanya karena sensitivitas masalah ini.

"Tapi kami tahu bahwa kekuatan kapal selam adalah prioritas bagi Xi Jinping, dan ini adalah satu lagi tanda bahwa mereka sedang menuju ke sana," tambahnya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement