Ahad 29 Oct 2023 20:03 WIB

Ribuan Pengungsi Gaza yang Putus Asa Geruduk Gudang Penyimpanan Bantuan Kemanusiaan

Pengungsi mengambil makanan dan barang-barang kebutuhan pokok untuk bertahan hidup.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Andri Saubani
Seorang gadis muda membawa makanan yang didistribusikan di kamp darurat bagi para pengungsi di Khan Yunis di Jalur Gaza selatan pada (25/10/2023.
Foto:

Warga Kota Gaza lainnya, Abdallah Sayed, mengatakan, pengeboman Israel selama dua hari terakhir termasuk paling kejam dan intens sejak perang dimulai. Serangan udara Israel menghantam sebuah rumah berlantai dua di Khan Younis, Gaza selatan pada Ahad. Sedikitnya 13 orang, termasuk 10 orang dari satu keluarga meninggal akibat serangan itu. 

Militer Israel belum memberikan komentar ketika ditanya tentang laporan serangan di dekat RS Al-Shifa. Militer Israel mengklaim telah menyerang lebih dari 450 sasaran Hamas selama 24 jam terakhir, termasuk pusat komando Hamas, pos pengamatan dan posisi peluncuran rudal anti-tank.

Militer Israel juga mengklaim mengirim lebih banyak pasukan ke Gaza dalam semalam. Mereka merilis gambar-gambar yang menunjukkan instalasi Hamas di dalam dan sekitar RS Al-Shifa, serta interogasi terhadap pejuang Hamas yang ditangkap dan mungkin berbicara di bawah tekanan. Namun klaim ini belum terbukti dan tidak dapat diverifikasi secara independen.  Pemerintahan Hamas menolak tuduhan tersebut dan menyebutnya sebagai kebohongan.

Data terbaru Kementerian Kesehatan Gaza pada Sabtu (28/10/2023) menyebutkan, 7.700 orang meninggal dunia dalam serangan Israel, dengan 377 kematian dilaporkan sejak Jumat (27/10/2023) malam. Kebanyakan dari mereka yang tewas adalah perempuan dan anak di bawah umur. Diperkirakan 1.700 orang masih terjebak di bawah reruntuhan.

Satu-satunya pembangkit listrik di Gaza ditutup tak lama setelah dimulainya perang pada 7 Oktober 2023. Israel tidak mengizinkan masuknya bahan bakar, karena khawatir akan digunakan Hamas untuk tujuan militer.

Rumah sakit berupaya keras menjaga agar generator darurat tetap berfungsi untuk mengoperasikan inkubator dan peralatan penyelamat lainnya. Sementara badan PBB untuk pengungsi Palestina juga berupaya menjaga pompa air dan toko roti tetap beroperasi untuk memenuhi kebutuhan penting. 

sumber : AP

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement