Selasa 07 Nov 2023 00:34 WIB

MUI Serahkan Bantuan Rp 25 Miliar untuk Palestina kepada Baznas

Baznas berharap penyaluran bantuan tahap kedua bisa segera dilakukan.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Majelis Ulama Indonesia (MUI) serahkan penggalangan dana bantuan kemanusiaan pada Aksi Damai Bela Palestina 5/11 di Monas, kepada Baznas RI, di kantor MUI Pusat, Jakarta, Senin (6/11/2023).
Foto: Republika/ Mabruroh
Majelis Ulama Indonesia (MUI) serahkan penggalangan dana bantuan kemanusiaan pada Aksi Damai Bela Palestina 5/11 di Monas, kepada Baznas RI, di kantor MUI Pusat, Jakarta, Senin (6/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI telah menerima donasi Rp 25 miliar dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk rakyat Palestina. Penyerahan dana kemanusiaan untuk Palestina ini dilakukan di Gedung MUI Pusat di Jakarta pada Senin (6/11/2023).

Sekjen MUI Amirsyah Tambunan mengatakan, dana sebesar Rp 25 miliar merupakan penggalangan donasi yang dilakukan oleh MUI. Sebanyak Rp 23 miliar dari dana tersebut sebelumnya untuk pendirian Rumah Sakit Indonesia di kota Hebron, Palestina. Sedangkan dana Rp 2 miliar merupakan penggalangan yang dilakukan MUI melalui aksi damai bela Palestina di Monas pada Ahad (5/11/2023).

Baca Juga

Menurut Buya Amirsyah, ia mempercayakan amanat masyarakat Indonesia untuk membantu Palestina melalui Baznas. Ini karena Baznas mengupayakan agar bantuan tersebut benar-benar dikirim melalui cara yang resmi untuk sampai di Gaza.

“Karena kami tidak ingin penyaluran ini tersangkut dengan hal-hal yang tidak diinginkan, kita ingin salurannya tepat, dan sasarannya juga tepat, kemudian juga bisa kita pertanggungjawabkan ke publik, akuntabel dan transparan karena ini uang atas nama rakyat Indonesia, MUI dan Baznas hanya sebagai wasilah menyampaikan bantuan,” kata Buya Amirsyah.

Bendahara Umum MUI Misbahul Ulum mengatakan donasi yang digalang MUI pada aksi damai bela Palestina di Monas masih dalam perhitungan. Namun, jika melalui perhitungan cepat saja, dana yang terkumpul sebesar Rp 2 miliar.

“Melalui acara kemarin, alhamdulillah, penghitungan memang belum selesai, tapi insha Allah perhitungan cepat ada dua miliar rupiah, ini masih terus berdatangan misalnya dari MUI kota, dan lain-lain masih terus berdatangan ke MUI,” kata Misbah.

Pimpinan Baznas RI Bidang Pengumpulan...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement