Rabu 15 Nov 2023 07:21 WIB

Israel Konfirmasi Kematian Tentara karena Serangan Sendiri

Tentara yang ditahan Hamas tewas karena serangan Israel sendiri

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Militer Israel mengkonfirmasi kematian tentara yang disandera di Gaza akibat serangan Israel.
Foto: Oren ZIV / AFP
Militer Israel mengkonfirmasi kematian tentara yang disandera di Gaza akibat serangan Israel.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Militer Israel mengkonfirmasi kematian tentara yang disandera di Gaza akibat serangan Israel. Hal ini setelah Hamas mengeluarkan video saat tentara itu masih hidup lalu dibarengi foto-foto jenazah tentara tersebut. Tampaknya ini pertama kalinya Israel mengkonfirmasi klaim Hamas. Sebelumnya Hamas juga menyampaikan laporan serupa yang mengatakan puluhan orang yang disandera dalam serangan mendadak 7 Oktober lalu tewas atau hilang akibat serangan Israel ke Gaza.

Dalam video Hamas yang disebarluaskan di media sosial, Senin (13/11/2023), Noa Marciano mengidentifikasi dirinya sendiri di kamera. Ia mengatakan sudah ditahan selama empat hari disandera, hal ini mengindikasi video tersebut direkam pada 11 Oktober.

Baca Juga

Video itu kemudian menunjukkan foto perempuan muda dengan fisik yang sama berbaring dengan wajah pucat dan mata tertutup. Terlihat sprei yang berlumuran noda darah. Di foto lebih dekat terlihat kepalanya terluka.

Dalam tulisan di video itu disebutkan Marciano yang berusia 19 tahun tewas terbunuh "dalam serangan udara musuh Zionis" pada Kamis (9/11/2023) lalu.

Dalam pernyataannya militer Israel tidak memberikan komentar tentang penyebab kematian Marciano. Mereka hanya menyebutnya korban "penculikan mematikan di tangan organisasi teroris." Militer mengatakan ia pasukan cadangan yang ditugaskan di korps pertahanan perbatasan.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement