Senin 05 Feb 2024 21:28 WIB

Iran Peringatkan Amerika Serikat dan Inggris Agar tak Perparah Situasi di Asia Barat

Amerika Serikat dan Inggris intensifkan serangan ke Yaman.

Rep: Lintar Satria / Red: Nashih Nashrullah
 Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian, desak Amerika Serikat dan Inggris berhenti ikut campur
Foto:

Amerika Serikat dan Inggris meluncurkan serangan ke 36 target Houthi di Yaman. Serangan skala besar kedua Amerika Serikat terhadap kelompok-kelompok yang didukung Iran sebagai balasan serangan ke pasukan Amerika pekan lalu.

Pentagon mengatakan serangan itu menghantam gudang senjata, sistem dan peluncur rudal serta kapabilitas tempur Houthi lainnya yang digunakan dalam serangan ke kapal-kapal komersial di Laut Merah. Militer Amerika Serikat menambahkan mereka mengincar 13 lokasi di seluruh Yaman.

Serangan ini juga menjadi tanda menyebarkan konflik Israel-Hamas di Gaza ke seluruh Timur Tengah. "Aksi kolektif ini mengirim pesan yang jelas pada Houthi mereka akan terus menerima konsekuensi bila mereka tidak mengakhiri serangan-serangan ilegal ke jalur pelayaran internasional dan kapal-kapal angkatan laut," kata Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin, Sabtu (3/2/2024).

Iran yang merupakan pendukung Hamas menghindari kontak langsung dengan konflik itu meski kelompok-kelompok yang didukungnya terlibat dalam serangan di Suriah, Irak, Yaman dan Lebanon.

Direktur Pusat Kajian Teluk di Qatar University Mahjoob Zweiri mengatakan menurutnya Iran tidak akan mengubah pendekatannya setelah serangan Amerika Serikat .

"Mereka membiarkan musuh di seberang perbatasan, jauh, mereka tidak tertarik konfrontasi militer langsung yang mungkin mengarah pada serangan ke kota-kota atau wilayah mereka. Mereka akan mempertahankan status quo," katanya.  

Kementerian Luar Negeri Iran mengatakan serangan di Yaman merupakan pelanggaran terang-terangan terhadap hukum internasional oleh Amerika Serikat dan Inggris dan memperingatkan kelanjutan dari serangan-serangan semacam itu merupakan "ancaman yang mengkhawatirkan bagi perdamaian dan keamanan internasional.

Pentagon mengatakan mereka tidak ingin berperang dengan Iran dan yakin Iran tidak menginginkan perang. Partai Republik Amerika Serikat menekan Presiden Joe Biden untuk memberikan pukulan langsung kepada Iran.

Houthi, yang menguasai sebagian besar wilayah Yaman, mengatakan serangan mereka di Laut Merah merupakan bentuk solidaritas terhadap warga Palestina saat Israel menyerang Gaza. 

Baca juga: Sebutan Istri Nabi Nuh, Luth, Nabi Adam, dan Muhammad SAW Beda dalam Alquran, Mengapa?

Amerika Serikat dan sekutunya mengatakan serangan-serangan Houthi tidak pandang bulu dan merupakan ancaman bagi perdagangan global.

Sebagian besar perusahan pelayaran sudah menangguhkan pengiriman lewat Laut Merah dan memilih rute-rute lebih jauh yang mengitari Afrika. 

 

Hal ini meningkatkan biaya, memicu kekhawatiran akan inflasi global dan juga menghilangkan pendapatan luar negeri Mesir yang sangat penting dari Terusan Suez.

photo
BUKTI GENOSIDA ISRAEL - (Republika)

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement