Senin 19 Feb 2024 18:36 WIB

Akses ke Masjid Al Aqsa Dibatasi Saat Ramadhan, Hamas: Cerminan Kekejian Zionis

Israel berencana batasi akses warga Palestina masuki kompleks masjid Al Aqsa.

 Kompleks masjid Al Aqsa tampak dari Kota Tua Yerusalem. Israel berencana batasi akses masuk ke Al Aqsa pada bulan Ramadhan.
Foto:

Sejak serangan Israel ke Jalur Gaza Oktober tahun lalu, polisi Israel terus membatasi akses menuju Masjid Al Aqsa bagi masyarakat Palestina di Israel, khususnya bagi mereka yang ingin menjalankan ibadah sholat Jumat. Meski demikian, sekitar 25 ribu warga Palestina berhasil masuk Masjid Al Aqsa pada Jumat lalu untuk sholat Jumat pertama di masjid tersebut sejak serangan Israel berlangsung.

Pembatasan sholat Jumat di Masjid Al Aqsa dari Oktober 2023 hingga Jumat kemarin menjadi yang terlama sepanjang sejarah, menurut seorang pejabat Dinas Wakaf Muslim di Yerusalem yang tidak disebutkan namanya. Serangan Israel ke Gaza sejak 7 Oktober 2023 telah menewaskan hampir 29 ribu rakyat Palestina.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebut serbuan Israel itu menyebabkan 85 persen populasi Gaza terusir dari tempat tinggal mereka dan 60 persen infrastruktur Gaza rusak dan hancur. Warga Gaza juga mengalami krisis makanan, air bersih, dan obat-obatan.

sumber : Antara, Anadolu
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement