Ahad 25 Feb 2024 06:33 WIB

Besok, Negara Kecil Pendukung Israel Ini Hadir di Sidang Terakhir ICJ

Hanya Fiji yang berusaha membela pendudukan Israel sebagai hal yang sah.

Sidang Mahkamah Internasional (ICJ).
Foto:

Dukungan Fiji terhadap Israel pun sebenarnya sudah terlihat sebelum perang pecah pada 7 Oktober 2023. Sepekan sebelum konflik Hamas-Israel pecah, Fiji saat itu berencana mengirim delegasi yang dipimpin langsung oleh Wakil Perdana Menteri, Villiame Gavoka, ke Israel.

Delegasi yang diberangkatkan dalam jumlah besar ini rencananya akan menghadiri Festival Pondok Daun. Festival yang dilangsungkan di Israel tersebut berlangsung pada 29 September hingga 6 Oktober 2023.

Fiji mengatakan pengiriman delegasi dilakukan sebelum membuka kedutaan besar di Yerusalem pada 2024. ‘’Pembentukan kedutaan ini merupakan tonggak penting dalam hubungan diplomatik Fiji dengan Israel,’’ kata kantor perdana menteri Fiji.

Pada Senin besok, Fiji akan memberikan oral statement di ICJ terkait pendudukan illegal Israel atas Palestina. Fiji akan diwakilkan oleh perwakilan tetap Fiji di PBB, Filipo Tarakinikini; sekretaris kedua misi Fiji di PBB, Robyn-Ann Mani; kepala hukum dan asisten profesor di Universitas Nasional Fiji, Ana Rokomokoti, dan dua penasihat yang berbasis di Den Haag. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement