Jumat 26 Aug 2016 15:15 WIB

Bongkahan Emas Empat Kg Ditemukan di Victoria

Sebongkah emas dengan berat lebih dari empat kilogram ditemukan di Victoria, Australia.
Foto: abc
Sebongkah emas dengan berat lebih dari empat kilogram ditemukan di Victoria, Australia.

REPUBLIKA.CO.ID, VICTORIA -- Sebongkah emas dengan berat lebih dari empat kilogram ditemukan di Victoria, Australia. Menurut pembuat alat pendeteksi logam minelab, bongkahan emas ini ditemukan dalam sebuah area kerja di sebelah selatan kawasan segitiga emas di Victoria Tengah.

Bongkahan emas seberat 145 ons itu diberi nama Friday's Joy, dan ditaksir bernilai lebih dari 250 ribu dolar AS atau lebih dari Rp 2,5 miliar. Penemu bongkahan emas yang beruntung itu, yang memilih merahasiakan namanya mengatakan dia menemukan bongkahan emas itu terkubur 12 inchi di bawah tanah.

"Pada awalnya saya pikir itu sampah, atau mungkin sebuah tapal kuda tua. Ketika saya mulai mengikis tanah liat dan menggali lebih dalam, saya benar-benar tidak bisa percaya dengan yang saya lihat. Ini bukan sepotong baja tua yang ada di depan saya. Saya benar-benar tidak percaya dan tidak yakin juga kalau emas sebesar ini masih ada," katanya.

Bongkahan emas yang ditemukan di Victoria Tengah.
Penemu mengatakan awalnya dia menyangka bongkahan emas itu hanyalah sampah.

Minelab mengatakan penemu logam emas, yang menggunakan waktunya di akhir pekan untuk memcari emas dan koin selama 10 tahun, sehari sebelumnya juga berhasil menemukan bongkahan emas seberat sembilan ons.

Pria ini mengatakan dirinya berencana membeli van dan pergi berkeliling Australia setelah menemukan bongkahan emas ini.

Bongkahan emas ini disimpan di tempat aman dan akan dibuat replikanya.

Bongkahan emas dengan berat lebih dari 3,5 kilogram juga pernah ditemukan di Ballarat dan berhasil terjual senilai 292.800 dolar AS atau hampir Rp 3 miliar dalam proses lelang 2014.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/bongkahan-emas-4-kg-ditemukan-di-victoria/7786720
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement