Senin 29 Jun 2015 16:25 WIB

Anak Bos Mafia Italia Pernah Bekerja di Kedubes Australia

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Mantan duta besar Australia untuk Italia Amanda Vanstone
Foto: smh
Mantan duta besar Australia untuk Italia Amanda Vanstone

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA -- Mantan duta besar Australia untuk Italia Amanda Vanstone menjadi kunci penting dalam investigasi mengenai penyusupan mafia Italia dalam pemerintahan Australia.

Anak dari terduga bos mafia pernah bekerja di Kedutaan Australia di Roma ketika mantan menteri dari Liberal, Amanda Vanstone menjabat sebagai Duta Besar. Vanstone saat ini sudah pensiun berpolitik.

Ketika menjabat menteri imigrasi di pemerintahan Howard, ia memberikan visa bagi bos kriminal yang kemudian dipenjara karena penyelundupan narkoba dan terkait skenario pembunuhan.

Pria tersebut dikenal sebagai saudara seorang pengusaha kenamaan Melbourne. Namun ia memiliki banyak catatan kejahatan di Italia. Pemerintah sempat merencanakan pendeportasian dirinya, namun keluarganya menggunakan uang dan pengaruh untuk melobi beberapa politisi Liberal, termasuk Vanstone.

Pada 2005, ia diberikan visa untuk menetap di Australia. Beberapa tahun kemudian, pria tersebut tertangkap dalam penggerebekan kejahatan narkoba terbesar di Australia.

Sebuah laporan investigasi bersama yang dilakukan program kantor berita ABC, Four Corners dan koran Fairfax mengungkap adanya hubungan antara Mafia Calabria dengan politisi-politisi senior Australia. Menurut laporan, kelompok mafia asal Italia itu telah menyusupi politik Australia hingga level federal dan kenegaraan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement