Jumat 20 Apr 2018 17:38 WIB

Anak Mantan Presiden Afsel Didakwa Pembunuhan

Duduzane Zuma terlibat kecelakaan mobil pada 2014 yang menewaskan seorang wanita

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Nidia Zuraya
Jacob Zuma
Foto: Reuters
Jacob Zuma

REPUBLIKA.CO.ID, JOHANNESBURG -- Jaksa Afrika Selatan mendakwa anak mantan presiden Jacob Zuma dengan pembunuhan. Duduzane Zuma terlibat kecelakaan mobil pada tahun 2014 yang menyebabkan seorang wanita tewas.

Juru bicara Otoritas Penuntutan Nasional (NPA) memberi batas waktu dua bulan bagi Duduzane untuk membuat pernyataan agar dia tidak diadili. Tetapi dia gagal melakukannya."Dia akan dituduh melakukan pembunuhan," kata Mfaku.

Upaya untuk mencapai pernyataan tidak bersalah Duduzane tidak berhasil. Dia jarang berbicara kepada media. Pengacaranya pun juga tidak bisa dihubungi.

Mobil sport Porsche 911 saat itu menurut polisi menabrak taksi di Johannesburg. Akibatnya seorang wanita bernama Phumzile Dube tewas dan dua orang terluka.

Para pengacara negara awalnya memutuskan untuk tidak menuntut Duduzane. Namun pada bulan Oktober, kelompok hak asasi Afriforum mengatakan akan secara pribadi menuntut Duduzane Zuma, jika jaksa penuntut umum tidak mendakwanya. NPA kemudian membalikkan keputusan awalnya.

Selama pemeriksaan pada tahun 2014, Duduzane mengatakan mobilnya menabrak genangan air dan dia kehilangan kendali. Sehingga menabrak taksi itu, yang pada akhirnya menabrak penghalang. Ia menggambarkan insiden itu sebagai kejadian tragis.

"Tidak segera jelas kapan kasus terhadap Duduzane Zuma akan dibawa ke pengadilan," ujar Mfaku.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement