Kamis 08 Feb 2018 08:20 WIB

Trump Ingin AS Gelar Parade Militer Seperti Prancis

Perintah itu dikeluarkan saat pertemuan di Pentagon.

Presiden AS Donald Trump dan Presiden Prancis Emmanuel Macron saat menyaksikan parade militer Bastille Day di Champs-Elysees, Paris, Pransi, 14 Juli 2017.
Foto: REUTERS/Kevin Lamarque
Presiden AS Donald Trump dan Presiden Prancis Emmanuel Macron saat menyaksikan parade militer Bastille Day di Champs-Elysees, Paris, Pransi, 14 Juli 2017.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Donald Trump telah memerintahkan pejabat Pentagon dan Gedung Putih untuk mulai merencanakan parade militer di Washington. Menurut laporan Washington Post, Selasa (6/2), parade yang dimaksud Trump adalah serupa dengan yang pernah dilihatnya di Paris pada Hari Nasional Prancis Juli tahun lalu.

Trump mengeluarkan perintah itu saat ia melakukan pertemuan di Pentagon pada 18 Januari, yang dihadiri oleh antara lain Menteri Pertahanan Jim Mattis dan Kepala Staf Gabungan Jenderal Joseph Dunford. Dalam pertemuan, Trump mengatakan dia ingin parade militer diadakan.

"Perintahnya adalah seperti ini: Saya ingin ada parade seperti di Prancis," kata pejabat militer yang tidak ingin disebutkan jadi dirinya, menurut Washington Post.

"(Keinginan Trump) ini sedang dikerjakan pada tingkat tertinggi di militer," tambah pejabat tersebut.

Setelah Washington Post menerbitkan laporan itu, Gedung Putih mengeluarkan pernyataan yang berbunyi Trump telah meminta Departemen Pertahanan  mengembangkan perayaan yang bisa dipuji seluruh rakyat Amerika. Seorang pejabat Gedung Putih yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan rencana penggelaran parade masih pada tahap tukar pendapat dan belum ada hal yang diputuskan.

Pentagon menyadari ada permintaan menggelar parade tapi baru memulai melihat kemungkinanannya, termasuk soal pemilihan momen. Trump telah menyatakan ia terkesan dengan parade militer yang dilihatnya di Paris pada 14 Juli. Saat itu, para tentara Amerika Serikat dan Prancis berpawai bersama untuk menandai 100 tahun sejak AS memasuki Perang Dunia Pertama serta perayaan Hari Nasional Prancis.

Parade di Paris itu termasuk pengerahan tank, kendaraan-kendaraan lapis baja serta demonstrasi di udara oleh jet-jet militer AS dan Prancis. "Pada taraf tertentu karena apa yang pernah saya saksikan, kita bisa melakukan sesuatu seperti itu pada 4 Juli di Washington di Pennsylvania Avenue," kata Trump kepada para wartawan pada September. "Kami sebenarnya sedang melihat kemungkinan ke arah itu."

Washington DC, yang merupakan ibu kota Amerika Serikat, sudah melakukan penggelaran militer untuk menandai peristiwa-peristiwa penting, termasuk kemenangan dalam perang. Namun, mengerahkan tank dan pawai pasukan di Pennsylvania Avenue bukan sesuatu yang biasa dilakukan saat perayaan Hari Kemerdekaan AS.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement