Senin 28 May 2018 05:11 WIB

George HW Bush Kembali Masuk Rumah Sakit

Bush sebelumnya masuk ke rumah sakit di Texas pada April lalu.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Endro Yuwanto
Mantan Presiden George HW Bush
Foto: AP
Mantan Presiden George HW Bush

REPUBLIKA.CO.ID, MAINE -- Mantan presiden Amerika Serikat (AS) George HW Bush lagi-lagi dilarikan ke rumah sakit. Pria 93 tahun itu terpaksa kembali masuk ke ruang perawatan akibat rendahnya tekanan darah dan kelelahan.

"Mantan presiden saat ini dalam kondisi terjaga dan waspada serta tidak dalam ketidaknyamanan," kata juru bicara keluarga Bush, Jim McGrath, Senin (28/5).

Informasi terkait menurunnya kesehatan presiden AS ke-41 itu diungkapkan pertama kali oleh keluarga melalui akun Twitter. McGrath mengatakan, Bush senior untuk sementara akan menjalani perawatan di Southern Maine Health Care guna menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Bush sebelumnya masuk ke rumah sakit di Texas pada April lalu. Ia harus menjalani perawatan menyusul infenksi yang menyebar melalui aliran darahnya. Saat itu, Bush terpaksa mendekam di rumah sakit hingga dua pekan.

Hal tersebut terjadi setelah Bush menghadiri pemakaman istrinya, Barbara, yang meninggal pada 17 April lalu. Kedua pasangan itu telah menikah selama 73 tahun.

Bush telah keluar dari ruang perawatan di rumah sakit Houston pada 5 Mei lalu. Presiden yang memerintah pada tahun 1989 hingga 1993 itu sempat dirawat di rumah sakit yang sama setahun lalu karena batuk yang kemudian didiagnosis sebagai kasus pneumonia ringan.

Keluar dari rumah sakit, Bush rencananya akan melakukan perjalanan ke Maine. Kawasan yang terletak di ujung timur laut AS itu merupakan negara bagian pesisir yang dikenal dengan sejarah maritim dengan alamnya seperti pulau granit dan cemara di Taman Nasional Acadia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement