Senin 19 Sep 2011 09:55 WIB

Anggota Parlemen Yordania Demo Dukung Palestina di PBB

Presiden Palestina, Mahmoud Abbas.
Foto: AP
Presiden Palestina, Mahmoud Abbas.

REPUBLIKA.CO.ID,AMMAN - Sebanyak 80 anggota parlemen Yordania pada Ahad (18/9) mendesak Persatuan Antar-Parlemen Arab untuk mendukung Otoritas Nasional Palestina (PNA) dalam upayanya mendapatkan pengakuan di PBB untuk negara Palestina merdeka.

Dalam sebuah memo yang dikirim kepada persatuan antar-parlemen itu, anggota parlemen Yordania menyerukan pertemuan darurat untuk menekankan penolakan terhadap skema tanah air alternatif. Mereka menekankan pada hak para pengungsi Palestina untuk kembali ke negerinya dan mendapatkan kompensasi.

Para anggota parlemen menyerukan perhimpunan mengerahkan segala upaya semaksimal mungkin untuk unjuk rasa mendukung untuk upaya Palestina di PBB. Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, akan berpidato di hadapan rakyat Palestina pada Jumat. Dia menginformasikan kepada mereka bahwa permintaan untuk keanggotaan di PBB akan disampaikan melalui Dewan Keamanan.

Permintaan tersebut kemungkinan besar akan diveto oleh Amerika Serikat. Negeri Paman Sam itu telah jelas mengancam akan menggunakan hak veto terhadap upaya Palestina di Dewan Keamanan PBB.

Sementara, dukungan negara-negara terhadap Palestina juga makin tak terbendung. Perdana Menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengatakan bahwa keberadaan dan keanggotaan negara Palestina di PBB bukan hanya pilihan tapi juga kewajiban.

sumber : Antara/Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement