Jumat 14 Sep 2012 02:02 WIB

Pohon Cemara 'Ajaib' di Jepang Dilestarikan

Pohon cemara ini dulunya bagian dari sebuah hutan yang lebat
Foto: AFP
Pohon cemara ini dulunya bagian dari sebuah hutan yang lebat

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam peristiwa gelombang tsunami yang terjadi pada 2011 kemarin di Jepang ternyata menyisakan cerita menarik. Tsunami dahsyat yang menerjang hutan dengan sekitar 70 ribu pohon, yang di dalamnya ada pohon cemara telah ditebang. Hal itu dilakukan dalam rangka pelestarian pohon 'ajaib' tersebut.

Pohon yang berada di pesisir Rikuzentakata itu, dilaporkan akan dipotong-potong. Tidak hanya itu akan diberikan semacam treatment sebelum nantinya dipasang kembali.

Uniknya dalam proses tersebut dilakukan upacara Shinto. Di mana tempat itu dulunya merupakan bagian dari hutan pesisir yang lebat.

Sebagai bagian dari proses bernilai 1,9 juta dolar itu, pohon setinggi 27 meter tersebut akan dibagi menjadi sembilan bagian, yang kemudian dilubangi dan diberi treatment supaya tidak lapuk.

Pohon itu kemudian akan dipasang kembali menggunakan sebuah carbon spine dan dikembalikan ke tempatnya sebagai simbol rekonstruksi pasca tsunami.

Menurut pihak berwenang, penebangan pohon itu mungkin makan waktu dua hari atau lebih, dan seluruh proses pelestarian akan selesai sebelum Februari.

Sebuah halaman Facebook diluncurkan tahun ini untuk mengumpulkan dana yang diperlukan bagi biaya pelestarian pohon cemara itu.

sumber : www.radioaustralia.net.au
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement