Jumat 27 Mar 2015 15:59 WIB

ISIS Sebut Kopilot Germanwings Pahlawan di Facebook

Rep: C09/ Red: Winda Destiana Putri
Ko-pilot Germanwings Andreas Lubitz
Foto: Reuters
Ko-pilot Germanwings Andreas Lubitz

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Sebuah akun Facebook berbahasa Jerman muncul menggunakan nama kopilot Germanwings yang mengalami kecelakaan di pegunungan Alpen, Andreas Lubitz.

Dalam akun tersebut, Lubitz disebut sebagai pahlawan karena telah sengaja menabrakkan pesawat ke badan gunung.

Dilansir dari Mirror, Jumat (27/3) salah satu pernyataan dalam akun itu menyebutkan akun dibuat oleh ISIS dan mengatakan Lubitz sebagai pahlawan Prancis. Akun tersebut memberikan pernyataan resmi yang berbunyi, "ISIS meminta maaf atas kesalahan ejaan dalam judul halaman dan ingin mengucapkan bahwa Anda adalah pahlawan Prancis."

Pernyataan lain mengatakan, "Sudah banyak pesan yang masuk untuk mendukung pahlawan kami ini. Terima kasih semua."

Pemerintah Prancis hari ini menyatakan, kopilot Germanwings, Andreas Lubitz, mengunci diri di kokpit sebelum menabrakkan pesawat ke badan gunung. Hal tersebut mengejutkan warga di Kota Montabaur, Jerman, tempat Lubitz tinggal. Menurut mereka, Lubitz tidak menunjukkan tanda-tanda depresi saat mereka melihatnya terakhir kali.

Lubitz telah memperoleh izin glider pilotnya saat remaja. Lalu ia diterima sebagai siswa dalam pelatihan pilot di Lufthansa setelah menyelesaikan perguruan tinggi di Jerman. Lubitz dikenal sebagai kopilot yang tenang dan ramah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement