Senin 01 Jun 2015 18:56 WIB

AS dan Vietnam akan Gagalkan Reklamasi Cina

Rep: c23/ Red: Dwi Murdaningsih
Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Ash Carter
Foto: bbc.co.uk
Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Ash Carter

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI – Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Ash Carter bertemu dengan Menteri Pertahanan Vietnam Phung Quang untuk membicarakan reklamasi yang dilakukan Cina di Laut Cina Selatan. Kedua Menteri Pertahanan itu akan berupaya untuk menyerukan dan menggagalkan reklamsi Cina tersebut.

“Saya bersama dengan Menteri Pertahanan Vietnam telah membahas proposal untuk menghentikan secara permanen reklamasi dan militerisasi  pulau di Laut Cina Selatan,” ungkap Carter, seperti dilaporkan Reuters, Senin (1/6).

Carter mengakui selain Vietnam, terdapat beberapa negara lain yang juga keberatan terhadap reklamasi yang dilakukan Cina. Oleh karena itu, kunjungan Carter ke Asia Pasifik selama 11 hari tersebut akan difokuskan pada isu keamanan maritim.

Selain membahas reklamasi yang dilakukan Cina, Carter dengan Thanh juga membahas reklamasi yang sedang digarap Vietnam. Carter mengungkapkan perluasan pulau oleh Vietnam itu tidak terindikasi untuk digunakan sebagai kepentingan militer, namun pencegahan erosi.

Hal ini juga ditegaskan oleh Phan dalam sambutannya dalam kenferensi pers, seusai menyambut kunjungan Carter. Di pulau-pulau itu, Vietnam juga membangun tanggul untuk mencegah terjadinya abrasi. “Vietnam baru-baru ini melakukan konsolidasi pulau-pulau di bawah kedaulatan Vietnam. Konsolidasi dilakukan di Sembilan pulau terapung dan 12 pulau yang telah tenggelam,” papar Thanh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement