Jumat 03 Jul 2015 01:01 WIB

Pasukan Irak Rebut Baiji dari ISIS

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Ilham
Seorang anggota pasukan keamanan Irak memukul seorang anggota ISIS yang ditangkap di Tikrit, Irak
Seorang anggota pasukan keamanan Irak memukul seorang anggota ISIS yang ditangkap di Tikrit, Irak

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Pasukan Irak bercorak Syiah Hashd Shaabi mengklaim telah menyingkirkan militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dari sebagian besar wilayah utara Kota Baiji, Irak. Mereka pun berharap bisa mendorong ISIS dari kilang minyak terdekat dalam waktu beberapa hari ke depan.

"Saya bisa katakan 90 persen dari distrik telah dibersihkan (dari pasukan ISIS) dan area tersisa akan selesai dalam beberapa saat lagi," ujar Juru Bicara Hashd Shaabi Ahmed Al Asadi seperti dikutip Reuters, Kamis (2/7).

Pada tahun lalu, pejuang ISIS menguasai Baiji yang berada 190 kilo meter di utara Baghdad. Jika Hashd Shaabi berhasil mengambil penuh kontrol atas Baiji maka itu bisa membantu mereka menekan kekuasaan ISIS kembali ke Mosul.

Al Asadi mengaku, pihak ISIS masih menguasai wilayah kilang minyak di Baiji. Akan tetapi, katanya, sejumlah bagian-bagian penting kota dan cabang pasukan bersenjata telah berhasil pihaknya kuasai.

"Setelah kantung pemberontak dibersihkan, kilang akan dikepung dari seluruh penjuru dan dalam beberapa hari kami akan mengumumkan pembebasannya," ujar Al Asadi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement