Senin 03 Aug 2015 15:29 WIB

Ditusuk Akibat Ikut Parade Gay, Remaja Israel Tewas

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Bendera pelangi simbol kaum LGBT.
Foto: abc news
Bendera pelangi simbol kaum LGBT.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Gadis remaja bernama Shira Banki (16 tahun) yang merupakan salah satu korban penusukan pria Yahudi ultra-Ortodoks akhirnya tewas akibat luka tusuk serius.

Seperti dilansir Reuters, Ahad, (2/8), Banki merupakan salah satu dari enam orang yang ditusuk oleh pria Yahudi ultra-Ortodoks bernama Yishai Shlissel. Ia ditusuk saat mengikuti festival parade Gay Pride di Yerusalem, Kamis (30/7) lalu.

Kepolisian Yerusalem telah menangkap penusuk tersebut. Namun kepolisian dikritik karena tak mampu menjaga supaya pria tersebut berhenti melakukan tindakan yang sama.

Pria tersebut baru saja dibebaskan dari penjara beberapa pekan sebelum dilangsungkannya parade Gay Pride. Ia sebelumnya dipenjara akibat kasus serupa.

Pada tahun 2005, pria Yahudi tersebut pernah menusuk tiga orang yang mengikuti parade kaum pecinta sesama jenis. Rupanya keyakinannya bahwa homoseksual dilarang Tuhan mendorongnya untuk melakukan penusukan.

Sebenarnya parade Gay Pride menjadi sumber ketegangan antara masyarakat  sekuler Israel dan kelompok minoritas Yahudi ultra-Ortodoks. Yahudi ultra-Ortodoks sangat keberatan dengan adanya Gay Pride yang mendukung dan mempertontonkan homoseksualitas secara terang-terangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement