Sabtu 28 Nov 2015 18:37 WIB

Belanda Perbanyak Tempat Penampungan Pencari Suaka

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Didi Purwadi
Mark Rutte
Foto: EPA/Martijn Beekman
Mark Rutte

REPUBLIKA.CO.ID, DEN HAG -- Belanda akan menambah jumlah tempat tidur dan tempat penampungan untuk puluhan ribu pencari suaka setelah mencapai kesepakatan dengan pemerintah setempat.

Sebanyak 42.500 ruang tambahan baru akan dibuat untuk pencari suaka yang tiba di negara tersebut. Namun, 10.000 ruang baru akan tersedia selama tiga sampai enam bulan.

"Mengingat berapa banyak orang yang datang, tidak dapat dihindari bahwa itu hanya sambutan sederhana," kata Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, seperti dikutip dari laman Al Jazeera, Sabtu (28/11).

 Juru bicara kementerian kehakiman Belanda mengatakan, sebanyak 46.000 orang sudah ditampung di tempat penampungan pencari suaka di Belanda. Tapi 16.000 dari mereka telah memenangkan suaka dan kini menunggu untuk mendapatkan permukiman.

Sebanyak 24 ribu tempat akan dibuat untuk orang-orang yang permintaan suakanya telah diberikan.

"Pemerintah dan pemerintah daerah telah mencapai kesepakatan untuk menghadapi masalah perumahan, pendidikan, dan integrasi terkait dengan aliran pencari suaka ke Belanda," kata pemerintah Belanda dalam sebuah pernyataan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement