Sabtu 23 Jul 2016 13:58 WIB

78 Tewas dan Jutaan Mengungsi Akibat Banjir di Cina

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Andi Nur Aminah
Banjir di Hebei, Cina
Foto: Reuters
Banjir di Hebei, Cina

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Sedikitnya 78 orang tewas dan 91 orang lainnya hilang dalam banjir di Cina, Sabtu (23/7). Banjir telah menyapu negeri panda itu sejak awal pekan ini. Hujan tak hanya menyebabkan banjir, tapi juga longsor.

Kementerian Sipil mengatakan lebih dari 400 ribu orang telah dievakuasi. Provinsi bagian utara, Hebei menjadi wilayah terparah terimbas dengan 36 korban tewas dan 77 orang hilang.

Di Hebei, Kota Xingtai menjadi wilayah terparah dengan sembilan korban tewas. Polisi lokal menyalahkan tanggul sungai yang buruk sehingga jumlah korban meningkat. Penduduk desa mengeluh pada media lokal bahwa mereka tidak diberi peringatan sebelumnya.

Mereka tidak diberitahu waktu evakuasi ketika otoritas memutuskan mengeluarkan aliran air dari reservoir di atas. Sementara di provinsi Henan, otoritas melaporkan 15 orang tewas dan delapan hilang.

Reuters menyebut 18 ribu rumah mengalami kerusakan. Sebanyak 16 juta orang terpaksa mengungsi dari rumah-rumahnya. Hampir sembilan juta orang telah dievakuasi di Hebei.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement