Ahad 26 Feb 2017 06:05 WIB

Lelang Pembangunan Dinding Perbatasan AS-Meksiko Dimulai Bulan Depan

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Israr Itah
Presiden Donald Trump (tengah).
Foto: AP
Presiden Donald Trump (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON — Pemerintah AS pada bulan depan akan membuka lelang untuk tender proyek pembangunan dinding di sepanjang perbatasan negara itu dengan Meksiko. Rencana tersebut diungkapkan langsung oleh pemerintah Negeri Paman Sam, akhir pekan ini.

Badan Perlindungan Perbatasan Departemen Keamanan Dalam Negeri AS mengumumkan, penawaran lelang proyek pembangunan dinding perbatasan itu akan dimulai pada 6 Maret. Sementara, penentuan harga proyeknya direncanakan dilakukan pada pertengahan April.

“Pemerintah meminta desain dan pembangunan beberapa struktur dinding prototipe di sekitar perbatasan Amerika Serikat dengan Meksiko,” ungkap lembaga negara tersebut, seperti dikutip World Bulletin, Sabtu (25/2).

Pembangunan dinding perbatasan tersebut memang menjadi salah satu janji Presiden Donald Trump pada saat kampanye Pilpres AS tahun lalu. Langkah itu sendiri diklaim Trump sebagai bentuk kritiknya terhadap kebijakan imigrasi AS selama ini yang dianggapnya terlalu longgar.

Dalam beberapa waktu terakhir, hubungan AS dan Meksiko menjadi kian tegang akibat adanya rencana pembangunan dinding perbatasan tersebut oleh Trump. Menteri Dalam Negeri Meksiko, Miguel Osorio Chong, pada Kamis (23/2) telah menyatakan ketidaksetujuannya atas kebijakan itu. 

Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto bahkan pernah membatalkan perjalanannya ke Washington DC bulan lalu, setelah Trump mengangkat rencana pembuatan dinding perbatasan tersebut dalam pidatonya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement