Kamis 13 Apr 2017 15:00 WIB

Shinzo Abe: Korut Mampu Bangun Rudal Dilengkapi Sarin

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Ani Nursalikah
PM Jepang Shinzo Abe
Foto: Reuters
PM Jepang Shinzo Abe

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe mengatakan Korea Utara (Korut) kemungkinan telah memiliki kemampuan membangun rudal dengan dilengkapi gas sarin. Menurutnya, hal tersebut cukup mengancam keamanan Jepang.

"Kami baru saja berbicara tentang Suriah. Ada kemungkinan Korut telah memiliki kemampuan menempatkan sarin pada hulu ledak untuk menghantam tanah," kata Abe seperti dilaporkan laman CNN, Kamis (13/4).

Ia mengaku cukup khawatir dengan kemungkinan kemampuan pengembangan rudal Korut tersebut. "Situasi keamanan di seluruh negara kita akan semakin parah," ujarnya.

Menurut Abe, pencegahan terhadap penggunaan senjata kimia memang patut dilakukan. "Baru-baru ini lebih dari 100 warga tak berdosa, termasuk bayi dan anak-anak, menjadi korban di Suriah. Kita harus mengingat realitas ini, dan satu untuk memiliki pencegahan yang kuat agar hal itu tidak terjadi lagi," ucapnya.

Abe mengatakan Jepang memperkuat aliansinya dengan Amerika Serikat (AS). "Ketika situasi keamanan semakin parah di seluruh negara kita, kita harus memperkuat pencegahan dari aliansi Jepang-AS berdasarkan divisi yang tepat dari peran antara Jepang dan AS," ujarnya.

Kendati demikian, Abe memang tidak mengungkapkan mengapa ia berspekulasi dan menyebut Korut telah memiliki kemampuan merancang rudal dilengkapi dengan senjata kimia sarin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement