Ahad 19 Feb 2017 06:18 WIB

Sejarah Hari Ini: Thomas Alva Edison Dapat Hak Paten Gramofon

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Teguh Firmansyah
Thomas Alva Edison
Foto: stylepinner
Thomas Alva Edison

REPUBLIKA.CO.ID,   Pada 19 Februari 1878 Thomas Alva Edison mendapatkan hak paten gramofon (phonograph). Seperti dilansir On This Day, Edison merupakan seorang penemu yang hebat. Ia mampu mengubah gaya hidup modern.

Penemuan Edison selain gramofon antara lain lampu pijar elektrik, industri tenaga listrik, dan gambar gerak. Ia merupakan penemu yang sangat produktif. Produk yang dihasilkannya mencapai 1.093 paten.

Edison juga banyak melakukan penelitian yang sangat bermanfaat bagi dunia militer. Penelitian yang dilakukannya, antara lain mendeteksi pesawat terbang, mendeteksi kapal selam, menghentikan torpedo. Juga menaikkan kekuatan torpedo.

Edison lahir di Ohio, Amerika Serikat 11 Februari 1847. Meskipun ia seorang penemu yang sangat brilian, namun pada masa kecilnya ia selalu mendapat nilai yang sangat buruk di sekolahnya.

Gurunya tak mampu mengatasi Edison hingga terpaksa ibunya mengeluarkan ia dari sekolahnya. Ibunya mendidiknya sendiri. Di rumah ia malah memiliki banyak kesempatan membaca berbagai buku sains dan ilmiah yang mendorongnya untuk melakukan berbagai percobaan sendiri yang mengantarkannya menjadi penemu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement