Selasa 20 Feb 2018 14:54 WIB

Edward VI Didaulat Sebagai Pemimpin Kerajaan Inggris Raya

Edward VI merupakan putra dari Henry VIII.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Edward VI.
Foto: Wikimedia Common.
Edward VI.

REPUBLIKA.CO.ID, Hari ini, pada 1547, Edward VI didaulat sebagai pemimpin Kerajaan Inggris Raya untuk menggantikan ayahnya Henry VIII. Edward dikukuhkah sebagai raja di usianya yang masih 9 tahun.

Edward VI lahir pada 12 Oktober tahun 1537. Ia merupakan putra dari Henry VIII dan Jane Seymour. Edward adalah raja ketiga dari Dinasti Tudor dan raja Inggris pertama yang beragama Protestan.

Namun ketika menjadi raja, paman Edward VI, yakni Edward Seymour, Duke of Somerset, mengambil alih kekuasaan dan menetapkan dirinya sebagai pelindung raja.

 

Ia dan uskup agung Canterbury Thomas Cranmer memiliki agenda untuk membuat Inggris menjadi negara yang sepenuhnya Protestan. Apalagi hal ini didukung oleh kepercayaan yang disandang sang raja.

Namun hal itu mendapat penentangan dan memicu pemberontakan. Pada saat yang sama Prancis pun mengumumkan perang melawan Inggris. Pada saat genting seperti ini barulah diketahui bahwa Edward VI menderita tuberkolosis.

Kendati telah menjadi raja di usia sangat belia, hal tersebut tak berlangsung lama. Edward VI meninggal pada 6 Juli 1553 akibat penyakit yang dideritanya. Ia meninggal di usianya yang masih 15 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement