Sabtu 26 Jun 2010 20:28 WIB

AS Peringatkan Korut Soal Ujicoba Rudal

REPUBLIKA.CO.ID,Amerika memperingatkan Korea Utara mengenai meningkatnya ketegangan, setelah Korea Utara mengeluarkan peringatan “larangan memasuki” perairan lepas pantai barat semenanjung Korea dan menimbulkan kekhawatiran akan adanya ujicoba rudal bertepatan dengan peringatan 60 tahun Perang Korea.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan peringatan perang itu seharusnya merupakan saat bagi Korea Utara untuk mengurangi ketegangan. Ia mengingatkan ujicoba rudal tentu merupakan langkah yang salah.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan larangan Korea Utara, tidak boleh memasuki lepas pantai barat itu, berlaku sampai hari Minggu. Seorang jurubicara militer mengatakan tidak ada gerakan yang tidak biasa yang telah terdeteksi, namun peringatan serupa pernah disampaikan sebelum ujicoba-ujicoba rudal di masa lalu.

Presiden Korea Selatan memperingati 60 tahun pecahnya perang Korea itu hari Jumat dengan menyerukan Unifikasi damai dengan Korea Utara, sementara di Korea Utara, pejabat-pejabat mengadakan demo anti-Amerika dan bertekad meningkatkan kemampuan nuklir mereka.

sumber : voa
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement