Senin 09 May 2016 13:22 WIB

Pendirian Masjid Raya di Melbourne Digagas

Islamic Centre of Victoria (ICV) selama ini menggunakan bangunan tiga lantai di Jalan Jeffcott Melbourne sebagai masjid.
Foto: abc
Islamic Centre of Victoria (ICV) selama ini menggunakan bangunan tiga lantai di Jalan Jeffcott Melbourne sebagai masjid.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Islamic Council of Victoria (ICV) kini sedang mencari lokasi ideal untuk pembangunan masjid raya di tengah Kota Melbourne. Bangunan yang kini dipergunakan sebagai masjid tidak jauh dari Taman Flagstaff sudah tidak memadai menampung jamaah yang kian banyak.

Ketua ICV Bayram Aktepe mengatakan bangunan tiga lantai yang terletak di Jalan Jeffcott kini menampung 2.000-an jamaah. "Tadinya, masjid ini hanya menampung 300-an orang di lantai satu," katanya kepada wartawan ABC.

Menurut Aktepe, masjid baru nantinya bisa menggunakan bangunan lebih besar lainnya yang tersedia atau bisa juga berdiri sendiri. Dikatakan, lokasinya secara ideal sebaiknya terletak di tengah kota Melbourne yang dikenal dengan istilah Hoddle Grid, yaitu suatu kawasan persegi yang didesain Robert Hoddle di 1873 dan kini merupakan pusat kota (CBD).

"Bisa juga di kawasan Docklands," jelas Aktepe merujuk ke kawasan di luar Hoddle Grid namun masih di pusat kota.

"Jika berdiri sendiri kami ingin masjid ini menampilkan bangunan khas Australia, bukan berupa arsitektur masjid tradisional dengan menara segala macam. Kami ingin bangunan masjid itu nantinya menarik dan menyatu dengan lingkungan sekitarnya," ujarnya.

Dia mengatakan, masjid baru itu nantinya diharapkan bisa menampung pertumbuhan populasi hingga 40 tahun ke depan. "Kami tidak ingin jamaah meluber ke jalanan. Ini yang akan terjadi kalau masalah masjid yang sekarang tidak segera diatasi," katanya.

ICV berharap biaya pembangunan masjid ini ditanggung bersama oleh umat Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement