Senin 22 Apr 2019 08:03 WIB

Queensland Larang Papan Reklame Produk Junk Food

Queensland sedang melawan obesitas dan pelarangan berlaku di lahan pemerintah.

Red:
abc news
abc news

Pemerintah Queensland akan melarang berbagai macam bentuk promosi produk makanan junk food di lokasi milik pemerintah sebagai upaya untuk memberantas pola makan yang buruk dan obesitas pada anak-anak.

Larangan iklan junk food di Queensland:

  • Menteri Kesehatan Steven Miles mengatakan obesitas adalah tantangan nyata bagi warga Queensland
  • Larangan iklan disambut oleh Koalisi Kebijakan Obesitas
  • Oposisi Negara menyatakan gerakan itu sebagai "reaksi spontan"

Menteri Kesehatan Queensland Steven Miles mengatakan iklan produk makanan yang tidak sehat itu akan dihapuskan di lebih dari 2.000 ruang yang disediakan untuk iklan luar ruang, termasuk halte bus, stasiun kereta api dan koridor jalan.

"Para pengiklan 'Junk Food' menargetkan anak-anak, kita tahu itu, dan obesitas di masa kanak-kanak adalah indikator utama obesitas di masa dewasa," kata Miles.

"Ini tentang melakukan apa yang kita bisa untuk melindungi anak-anak kita dari jenis pemasaran yang mengarahkan mereka untuk membuat pilihan yang tidak sehat."

Miles mengatakan larangan itu akan memengaruhi sejumlah ruang sewaan yang dimiliki oleh Pemerintah Negara Bagian Queensland.

Obesitas adalah tantangan nyata bagi komunitas kami, begitu juga bagi rumah sakit dan fasilitas layanan kesehatan lain, tetapi juga untuk individu yang menderita - ini benar-benar keputusan tentang bagaimana pemerintah yang memimpin dengan memberi contoh dan mengatakan bahwa kami akan menggunakan ruang kami untuk mengiklankan opsi yang lebih sehat, "katanya.

Manajer eksekutif Koalisi Kebijakan Obesitas Jane Martin mengatakan pembatasan itu merupakan kemenangan bagi kaum muda dan kesehatan mereka.

"Ini persis tindakan yang direkomendasikan oleh berbagai lembaga di seluruh dunia, seperti Organisasi Kesehatan Dunia, untuk melindungi anak-anak dari pengaruh pemasaran junk food," kata Martin.

"Orang-orang muda menggunakan transportasi umum, mereka terpapar dengan pemasaran semacam ini, itu adalah 'wallpaper' dalam hidup mereka.

Ini adalah langkah yang sangat penting untuk melindungi anak-anak ketika mereka sedang dalam perjalanan ke sekolah, akan bertemu dengan teman-teman [di mana] sangat sulit bagi orang tua atau siapa pun untuk campur tangan."

Martin mengatakan Queensland akan bergabung dengan ACT dalam memberikan petunjuk bagi yurisdiksi lain yang sedang mempertimbangkan reformasi serupa.

Dia mengatakan bidang-bidang lain yang menjadi perhatian, termasuk pemasaran digital dan televisi, ada di tangan Pemerintah Federal.

'Fokus pada tempat tidur rumah sakit, bukan papan reklame'

Wakil Pemimpin Oposisi Tim Mander menggambarkan larangan itu sebagai "reaksi spontan" oleh Pemerintah Queensland untuk "mengalihkan perhatian dari krisis kesehatan saat ini".

"Kami pikir Pemerintah harus fokus pada isu tempat tidur rumah sakit, bukan papan iklan," kata Mander.

"Jika itu dinkum yang adil, itu tidak akan mengurangi anggaran kesehatan untuuk upaya pencegahan sebesar $ 300.000.

"Ini adalah barang-barang yang tersedia secara bebas di komunitas dan orang-orang perlu membuat pilihan sendiri.

"Mereka perlu dididik secara tepat [dan] menimbulkan pertanyaan seberapa jauh Anda melangkah?"

Miles mengatakan larangan itu tidak akan berlaku untuk ruang iklan di stadion karena kontrak itu "jauh lebih rumit".

"Ini adalah kesempatan bagi kami untuk membuktikan bahwa itu dapat bekerja di tempat-tempat di mana kontraknya jauh lebih sederhana," katanya.

"Perkiraan tingkat pendapatan saat ini adalah dalam jutaan dolar.

"Tentu saja, itu tidak akan menyebabkan hilangnya pendapatan secara keseluruhan - sebagian dari ruang iklan itu akan diambil oleh pengiklan lain, semoga orang lain mengiklankan pilihan makanan yang lebih sehat."

Menteri juga mengakui bahwa perlu beberapa tahun untuk menghapus sepenuhnya iklan 'junk food' sepenuhnya.

Simak beritanya dalam bahasa Inggris disini.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement