Selasa 19 Jun 2018 16:33 WIB

Pengacara: RCI Bisa Fokus Cari Otak Pembunuhan Altantuya

Ramkapal mengatakan keberadaan Sirul tidak penting dalam membuka kasus Altantuya

Ayah Altantuya Shaaribuu, Setev Shaaribuu (kiri) bersama pengacaranya, Ramkapal Singh (kanan) dalam jumpa pers Selasa (19/6).
Foto: The Star
Ayah Altantuya Shaaribuu, Setev Shaaribuu (kiri) bersama pengacaranya, Ramkapal Singh (kanan) dalam jumpa pers Selasa (19/6).

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Pengacara keluarga model asal Mongolia yang dibunuh Altantuya Shaariibuu, Ramkapal Singh, berharap Pemerintah akan mempertimbangkan masuknya Komisi Informasi Kerajaan (RCI) dalam kasus ini. Ramkarpal mengatakan dengan masuknya RCI bisa lebih fokus untuk mencari siapa pemberi perintah dalam pembunuhan Altantuya.

"Ini dapat menyebabkan tuduhan berikutnya jika penyerang atau penjahat itu ditemukan dalam proses RCI," katanya dalam konferensi pers, seperti dikutip The Star, Selasa (19/6).

Ramkarpal, bagaimanapun, mengatakan bahwa keberadaan Sirul Azhar tidak penting sama sekali untuk membuka lagi kemungkinan penyelidikan pembunuhan Altantuya. Karena, lanjutnya, ada bukti lain yang tersedia dari proses pidana itu sendiri.

"Saksi-saksi yang sangat penting tidak dipanggil dalam persidangan-persidangan itu yang dapat mempertanyakan motif hidup, seperti siapa yang memerintahkan pembunuhan itu. Orang-orang berada di bawah kesan yang salah bahwa kita membutuhkan dia di sini. Tentu saja tidak demikian," tambahnya.

Ia mengatakan bahwa kemungkinan hal ini akan dibicarakan dengan Jaksa Agung Tommy Thomas selama pertemuan pada sore ini (19/6) di Putrajaya. Mahathir Mohamad on Wednesday (June 20). ">Ayah Altantuya, Dr Setev Shaaribuu berada di Malaysia untuk bertemu Tommy dan juga dijadwalkan bertemu Perdana Menteri Tun Dr Mahathir Mohamad pada Rabu (20 Juni).

Sebelumnya Inspektur Jenderal Polisi Tan Sri Mohamad Fuzi Harun mengatakan bulan lalu bahwa polisi tidak menemukan alasan untuk membuka kembali penyelidikan atas kasus ini. Altantuya, 28 tahun, diyakini ditembak mati sebelum tubuhnya diledakkan dengan bahan peledak di hutan sekunder dekat Bendungan Subang di Puncak Alam, Shah Alam pada 2006 lalu.

Pada tahun 2009, Sirul Azhar Umar dan kaki tangannya, Azilah Hadri dihukum karena membunuh Altantuya dan dijatuhi hukuman mati. Pengadilan Banding membatalkan hukuman mereka pada tahun 2013, tetapi setelah penuntutan, ditegakkan oleh Pengadilan Federal.

Sirul melarikan diri ke Australia, di mana dia ditahan oleh Imigrasi Australia setelah Interpol mengeluarkan pemberitahuan merah kepadanya. Dia telah berada di pusat penahanan sejak 2015, di mana dia berharap mendapatkan suaka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement