Sabtu 25 Jun 2016 08:07 WIB

Donald Trump Puji Langkah Inggris Keluar dari Uni Eropa

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Dwi Murdaningsih
Donald Trump
Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, SKOTLANDIA -- Calon Presiden Amerika Serikat Donald Trump berharap warga Amerika memantau jalannya referendum Inggris untuk melepaskan diri dari Uni Eropa (UE).  Menurutnya langkah Inggris terbilang berani demi kedaulatan negaranya sendiri.

Seperti dilansir dari situs Vox.com, Trump menyatakan referendum merupakan tindakan agar Inggris kembali menjadi negara mandiri. Sebab menurutnya selama ini bayang-bayang UE masih menghantui Inggris.

Donald Trump Sebut Brexit Cocok dengan Model Kampanyenya

"Orang-orang di Inggris sudah mencoba memenuhi hak sebagai pribadi yang bebas. Mereka menyatakan kemerdekaannya dari UE dan mengambil voting untuk mengambil alih perbatasan, ekonomi dan kepentingan politik mereka," kata Trump yang saat ini tengah menikmati permainan golf di Skotlandia.

Trump menilai ada hubungan antara referendum Inggris dengan kondisi politik di Amerika saat ini. Pasalnya program kampanye Trump untuk kontrol ketat perbatasan, pelarangan imigrasi merupakan langkah menuju anti imigrasi dan anti globalisasi.

"Warga Amerika juga harus memilih untuk kembali menyatakan kemerdekaannya. Warga Amerika akan punyakesempatan memilih untuk menempatkan perdagangan, imigrasi dan kebijakan politik yang mendahulukan kepentingan warga sendiri," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement