Senin 03 Oct 2016 09:48 WIB

Polisi Turki Tangkap Kakak Fethullah Gulen

Rep: dyah ratna meta novia/ Red: Ani Nursalikah
Fethullah Gulen (Ilustrasi)
Foto: Republika/Mardiah
Fethullah Gulen (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, IZMIR -- Polisi Turki menangkap kakak Fethullah Gulen, Kutbettin Gulen di barat Izmir, Turki. Kutbettin Gulen dituduh menjadi anggota teroris bersenjata.

Kutbettin Gulen ditangkap saat berada di rumah saudaranya. Ia diinterogasi polisi anti-teroris Turki. Buku-buku di rumah saudaranya juga terlihat berantakan akibat serangan yang dilakukan polisi Turki.

Seperti dilansir The Guardian, Ahad, (2/10), Kutbettin Gulen harus menanggung beban karena adiknya Fethullah Gulen dinilai Presiden Recep Tayyip Erdogan sebagai dalang pemberontakan di Turki yang digagalkan Juli lalu.

Bahkan Pemerintah Turki menyebut organisasi Hizmet sebagai kelompok teroris. Namun para pendukung Gulen menyatakan Hizmet hanyalah organisasi biasa yang bersifat damai.

Fethullah Gulen sendiri saat ini berada di Amerika meski kakaknya ditangkap. Fethullah Gulen memiliki tiga kakak laki-laki dan dua kakak perempuan. Dua keponakannya ditangkap polisi Turki pada Juli dan Agustus lalu.

Namun penangkapan kakaknya merupakan yang pertama kalinya sejak terjadinya kudeta oleh pemberontak Turki pada Juli lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement