Sabtu 13 Sep 2014 09:22 WIB

Militer Nigeria Tewaskan 100 Anggota Boko Haram

Kecaman pada aksi Boko Haram
Foto: VOA
Kecaman pada aksi Boko Haram

REPUBLIKA.CO.ID,  LAGOS -- Lebih dari 100 tersangka petempur Boko Haram dilaporkan tewas dalam satu operasi oleh personel militer di Negara Bagian Borno,di bagian timurlaut Nigeria.

Menurut beberapa sumber militer dikutip Xinhua Jumat (12/9), militer Nigeria melancarkan pukulan lebih lanjut terhadap gerilyawan yang sebelumnya berusaha merebut Kota Kecil Konduga, sekitar 40 mil dari Maiduguri, Ibu Kota Negara Bagian Borno.

"Melalui gabungan kekuatan udara dengan kegiatan infantri, tentara menyergap gerilyawan saat mereka bergerak dari Bama menuju Konduga. Sementara itu helikopter serang dan jet Angkatan Udara menembakkan peluru dan sulfur ke penyerbu sedangkan tentara darat mencegat mereka yang berusaha menyelamatkan diri dari lokasi bentrokan," kata satu sumber militer.

"Kebanyakan gerilyawan yang tewas selama beberapa jam bentrokan sengit tak bisa dikenali," kata sumber tersebut, sebagaimana diberitakan Xinhua --yang dipantau di Jakarta, Sabtu pagi. Beberapa senjata canggih disita oleh tentara.

Boko Haram, menjadi ancaman besar keamanan di Nigeria sejak 2009, telah menewaskan ratusan orang dalam tiga bulan belakangan dalam banyak serangan ke desa di seluruh tiga negara bagian di wilayah timurlaut Nigeria.

Lebih dari 100 orang tewas oleh petempur Boko Haram dalam berbagai serangan yang dilancarkan pada Mei.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement