Rabu 14 Nov 2012 10:30 WIB

Skandal Seks Militer AS: David Petraeus Sang Tokoh Utama (1)

David Petraeus
Foto: AP
David Petraeus

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Skandal seks yang menjadi malapetaka bagi direktur badan intelijen Amerika Serikat (CIA), David Petraeus, menjerat jenderal terkemuka AS lainnya. Kasus menjadi semakin kompleks karena bergaung di sekitar lingkup kekuasaan di Washington.

Di bawah ini adalah tokoh-tokoh utama dalam kasus tersebut dan jaring-jaring terbelit yang menghubungkan mereka:

Jenderal David Petraeus

Hal yang membuat skandal itu sedemikian meledaknya karena ada sosok sangat penting, yaitu David Petraeus. Seorang jenderal AS paling dikenal di generasinya.

Petraeus, yang dipuji karena peranannya pada perang Irak tahun 2007, kemudian menjadi komandan pasukan AS di Afghanistan tahun 2010. Bahkan, ada pembicaraan soal kemungkinan Petraeus menjadi presiden sebelum akhirnya ia diangkat sebagai direktur CIA pada September 2001.

Karier militer dan intelijennya yang cemerlang tiba-tiba hancur pada Jumat (9/11). Presiden Barack Obama menerima pengunduran dirinya karena masalah perselingkuhan dengan penulis buku biografinya, Paula Broadwell.

Jenderal berumur 60 tahun dan ayah dari dua anak itu menyampaikan permohonan maaf kepada para staf CIA.

"Setelah menjalani pernikahan selama lebih dari 37 tahun, saya menunjukkan tindakan yang tidak baik dengan melakukan perselingkuhan," katanya. "Tindakan ini tidak bisa diterima, baik sebagai seorang suami maupun sebagai pemimpin organisasi kita ini."

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement