Senin 02 Sep 2013 05:04 WIB

AS: Assad Sama Seperti Hitler dan Saddam Hussein

Bashar Assad (file photo)
Foto: AP/Vahid Salemi
Bashar Assad (file photo)

REPUBLIKA.CO.ID, Amerika Serikat memastikan pemerintahan Presiden Suriah, Bashar al-Assad memakai gas sarin membasmi rakyatnya, sehingga Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry, menyamakan al-Assad sama dengan Adolf Hitler dan Saddam Hussein.

"24 jam terakhir ini kami telah mempelajari contoh-contoh yang dibawa ke Amerika Serikat, yang telah diuji dari korban di Damaskus timur; contoh rambut dan darah korban positif mengandung sisa gas sarin," kata Kerry, sebagaimana dinyatakan NBC News seperti dilansir VOA.

PBB telah menerjunkan tim khusus menguji apakah al-Assad memakai gas dan senjata kimia dalam upaya membasmi perlawanan sipil bersenjata rakyatnya. Hasil kerja tim yang telah keluar dari wilayah Suriah melalui Lebanon itu baru diketahui beberapa saat kemudian. Gas sarin merupakan gas Sarin atau GB merupakan kompleks senyawa organofosfor yang membakar jaringan tubuh, tidak berbau, tidak berwarna, dan kontan mematikan system saraf serta motorik benda hidup. 

Kerry menegaskan, "Bashar al-Asaad kini tergabung dalam daftar nama, sama dengan Adolf Hitler dan Saddam Husein, yang telah menggunakan senjata sejenis dalam perang."  Pernyataan Kerry ini dilontarkan hanya sesaat setelah Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, meminta otorisasi pengerahan kekuatan militer terbatas atas Suriah kepada Kongres Amerika Serikat. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement