Senin 16 Sep 2013 09:16 WIB

Dua Korea Buka Kembali Kawasan Industri Kaesong

Rep: Nur Aini/ Red: Karta Raharja Ucu
Bendera Korea Selatan
Foto: flagscountries.blogspot.com
Bendera Korea Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Kawasan industri Kaesong di Korea Utara kembali dibuka lima bulan setelah ditutup karena meningkatkanya ketegangan politik dengan Korea Selatan.

Laporan BBC, Senin (16/9), truk panjang dan mobil mulai melewati perbatasan Korea Utara pada pukul 08.00 pagi waktu setempat. Lebih dari 800 warga Korea Selatan dijadwalkan menyeberang menuju kawasan industri.

Seoul juga mengirimkan negosiator yang akan berdiksusi untuk menarik investasi asing dan meyakinkan stabilitas di masa depan. Kawasan tersebut berada di dalam Korea Utara yang menjadi tempat bagi 123 pabrik Korea Selatan.

Pabrik itu memperkerjakan 50 ribu warga Korea Utara. Ini merupakan proyek bersama terakhir yang masih berfungsi dan merupakan sumber utama pendapatan bagi Pyongyang.

Korea Utara menarik semua pekerjanya pada April lalu setelah tes ketiga nuklir pada 12 Februari memicu ketegangan di semenanjung korea dan memperluas sanksi PBB. Kedua Korea membuat pembicaraan beeberapa kali untuk membuka kawasan Kaesong dan mencapai kesepakan bulan lalu. Di bawah lima poin kesepakan, kawasan akan dibuka untuk investor asing dan membuat Korea Selatan sulit untuk menutupnya kembali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement