Ahad 29 Sep 2013 22:33 WIB

Hari ini di 1829 Inggris Bentuk Scotland Yard

Markas besar kepolisian Inggris
Foto: Historia
Markas besar kepolisian Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, New Scotland Yard, lebih dikenal secara singkat dengan Scotland Yard atau The Yard, adalah markas pusat bagi Metropolitan Police Service, bertanggung jawab atas keamanan wilayah Greater London di kota London, Inggris (walaupun bukan City of London itu sendiri.) New Scotland Yard berlokasi di Westminster, sekitar 460 meter jauhnya dari Houses of Parliament.

Nama tersebut berasal dari lokasi asli markas pusat yaitu bertempat di Great Scotland Yard, sebuah jalan di Whitehall. Adapun lokasi asli dari Scotland Yard tersebut telah diambil alih oleh pihak militer Britania. Scotland Yard adalah markas Kepolisian Metropolitan London (London’s Metropolitan Police) yang bertanggung jawab pada keamanan, investigasi kejahatan, dan tanggap darurat.

Nama ini mengacu pada lokasi markas kepolisian tersebut berada yaitu di Great Scotland Yard sebelum pindah ke Broadway Street pada tahun 1967. Nama Scotland Yard lantas tetap melekat meskipun bangunan markas telah dipindahkan dan menjadi frase yang menggambarkan kepolisian dan penegak hukum Inggris pada umumnya.

Scotland Yard dibentuk hari ini di 1829 ketika Sir Robert Peel, bersama dengan beberapa orang lain, memprihatinkan keselamatan publik di kota London yang berkembang pesat, dan merasa bahwa kekuatan polisi diperlukan untuk melindungi warga negara. Komite investigasi di House of Lords menyetujui usulan ini sehingga dibentuklah Kepolisian Metropolitan.

Lembaga ini bertanggung jawab mengkoordinasikan semua penegak hukum di London, sekaligus mereformasi dan memperbaiki kondisi kepolisian secara umum. Kepolisian Metropolitan yang terus berkembang akhirnya membuat mereka memperoleh markas baru di Great Scotland Yard pada tahun 1875.

sumber : Wikipedia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement