Rabu 12 Aug 2015 15:57 WIB

Remaja Australia Ini Renangi English Channel Sejauh 32 KM

Ben Freeman sedang berlatih sebelum merenangi English Channel sejauh 32 km.
Foto: abc
Ben Freeman sedang berlatih sebelum merenangi English Channel sejauh 32 km.

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA -- Seorang remaja asal Canberra Ben Freeman menjadi remaja ketiga termuda asal Australia yang berhasil merenangi English Channel, perairan yang memisahkan Inggris dengan Daratan Eropa.

Remaja berusia 17 tahun tersebut berenang sejauh 32 kilometer dari Dover di Inggris ke kota Calais di Prancis dalam waktu sembilan jam 10 menit.

Freeman yang sebelumnya berlatih di klub renang Queanbeyan-Telopea di Canberra menaikkan berat badannya sebanyak 15 kilogram sebagai persiapan bagi usaha tersebut.

Kakak Ben, yang juga adalah perenang jarak jauh Jenne Freeman mengatakan adiknya sudah berlatih berenang sejauh 60 sampai 100 kilometer setiap pekan selama beberapa bulan.

"Dia menghabiskan banyak waktu di kolam renang. Dia juga berlatih bagaimana beradaptasi dalam suhu air yang dingin. Dia juga menambah berat badan." kata Jenna.

Jenna Freeman mengatakan adiknya terinspirasi untuk merenangi English Channel setelah dia berlatih dengan pemegang rekor dunia saat ini Trent Grimsey.

Grimsey mengarungi selat tersebut di 2012 dalam waktu enam jam 55 menit.

"Kami biasa berlatih dengan Grimsey di Brisbane sebelum kami pindah ke Canberra, dan Ben masih berhubungan dengannya, dan tentu melihat pemecahan rekor yang dilakukan Grimsey. Trent sangat baik. Dia memberikan banyak informasi dan nasehat serta membantu persiapan Ben," kata Jenna lagi.

Untuk mempersiapkan diri merenangi English Channel yang airnya bersuhu 16 derajat tersebut, Ben Freeman berlatih selama musim dingin di Kolam Renang Phillip Swimming and Ice Skating Centre  yang suhunya 13 derajat.

Freeman saat ini adalah salah satu dari lima perenang teratas di Australia dalam kategori renang di perairan terbuka. Dia menjadi juara di negara bagian New South Wales dalam dua tahun terakhir di kategori renang lima dan 10 km.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-08-12/ben-freeman-jadi-remaja-ketiga-termuda-australia-renangi-english-channel/1480584
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement