Rabu 09 Sep 2015 20:54 WIB

Cara Seorang Ibu di Australia Tinggalkan Konsumerisme

Suasana beranda belakang rumah Trudy-Anne Doyle.
Foto:

Ia juga menyiapkan banyak jeriken penampung air di dapur. Misalnya air sisa pencuci piring, akan ditampung dan tidak dibuang ke saluran pembuangan.

Air yang biasanya terbuang saat membuka keran dan menunggu untuk mencapai suhu panas yang diinginkan, juga akan ditampung untuk dipergunakan mencuci pakaian. Pakaian yang usai dicuci akan dijemur di halaman sebab bagi Trudy-Anne, mesin pengering adalah pemborosan energi.

Keluarganya juga hanya memiliki satu buah mobil, dan mengandalkan sambungan telepon rumah. Tidak ada yang menggunakan ponsel di rumah itu.

"Orang bilang sulit sekali menghubungimu, Trudy-Anne. Ya, kadang saya memang tidak ingin dihubungi," tuturnya.

Trudy-Anne selalu berbelanja di toko barang bekas baik untuk bajunya maupun baju keempat putrinya. "Memang agak sulit meyakinkan remaja 16 tahun untuk belanja di toko baju bekas," ujarnya.

Sebagai ibu ia juga selalu berusaha menyajikan makanan organik namun tidak selalu membahagiakan anggota keluarganya yang lain.

"Kadang anak-anak tidak suka dan hanya meminta Milo," katanya.

Di halaman rumahnya, Trudy-Anne memelihara sayuran dan pohon buah.

Seluruh produk sabun dan deterjen yang ia pakai pun dipastikan berasal dari produk ramah lingkungan.

Namun ia mengaku untuk mempertahankan gaya hidup seperti ini setiap harinya merupakan tantangan yang tidak mudah.

Namun Trudy-Anne mengatakan, setelah beberapa tahun berjalan, ia menyadari tagihan dan belanja bulanannya menjadi jauh lebih rendah dibandingkan sebelumnya.

Karena pengeluaran mereka yang tidak banyak, katanya, ia bersama suaminya juga mengurangi jam kerjanya. Mereka bahkan berencana untuk pensiun pada usia 55 atau 10 tahun lebih awal dibandingkan rata-rata orang Australia.

Trudy-Anne rencananya membuka rumahnya untuk umum pada 13 September sebagai bagian dari Hari Rumah Ramah Lingkungan di Australia Selatan.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-09-09/cara-seorang-ibu-di-australia-meninggalkan-konsumerisme/1491016
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement