Kamis 29 Oct 2015 12:32 WIB

Cina Sumbang Rp 2,1 M Bagi Korban Gempa Pakistan

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indah Wulandari
Pengungsi korban gempa Pakistan
Foto: unhcr
Pengungsi korban gempa Pakistan

REPUBLIKA.CO.ID,ISLAMABAD -- Presiden Cina Xi Jinping menyampaikan ucapan bela sungkawa kepada Presiden Pakistan, Mamnus Hussain dan Perdana Menteri Nawaz Sharif atas musibah gempa bumi yang melanda negara tersebut.

Melalui Palang Merah Cina, Xi menyumbang 10 juta rupee atau sekitar Rp 2,1 miliar sebagai bantuan untuk korban gempa.

Dalam pesannya, Xi mengaku terkejut bahwa gempa bumi di Pakistan menyebabkan kerusakan parah, khususnya pada bangunan dan properti. Atas nama pemerintah dan rakyat Cina, Xi menyampaikan belasungkawa mendalam kepada korban dan simpati tulus kepada keluarga korban yang terluka.

Xi menekankan bahwa Cina dan Pakistan merupakan mitra strategis. Cina bersedia memberikan dukungan dan bantuan sesuai kapasitasnya.

"Orang-orang Cina merasakan duka yang sama dengan orang-orang Pakistan. Saya yakin, di bawah kepemimpinan Presiden Hussain, rakyat Pakistan bisa mengatasi bencana ini dan membangun kembali tanah air mereka," pesan Xi, dilansir dari Pakistan Today, Kamis (29/10).

Duta Besar Cina, Sun Weidong menyerahkan cek donasi kepada Palang Merah Pakistan pada Rabu (28/10) waktu setempat.

Dalam sambutan singkatnya, Sun mengatakan pemerintah Cina berdiri bersama saudara-saudara mereka di Pakistan. Cina dan Pakistan adalah tetangga dekat, teman baik, sekaligus saudara.

Gempa berkekuatan 7,5 Skala Richter menghantam Afghanistan dan meluas hingga Pakistan Senin lalu. Jumlah korban tewas terus bertambah.

Laporan resmi dari Afghanistan dan Pakistan menunjukkan total korban mencapai 335 jiwa dengan sedikitnya 253 orang berasal dari Pakistan dan 82 lainnya dari Afghanistan.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement