Selasa 10 Nov 2015 17:13 WIB

Peternakan 40 Ribu Hektare Ini Hanya Diurus Tiga Orang

Peternak Australia Markus Rathsmann.
Foto:
Peternak Australia Markus Rathsmann.

Ada belasan sapi betina yang dimasukkan dalam kandang beratap dan berpagar besi di tengah peternakan yang luas itu. Dia menggiring sapi betina satu per satu, masuk ke dalam suatu lajur sempit dari besi. Ada dua pintu buka-tutup di depannya.

Pintu pertama, terdiri atas satu bilah papan besi yang digeser, dibuka. Sapi digiring masuk, kemudian ditutup. Sapi masuk dalam ruangan sempit yang persis menjepit badannya. Kemudian, pintu kedua, terdiri atas dua bilah papan besi yang menjepit dan hanya menyisakan celah untuk kepala sapi, dibuka dengan tuas, sapi maju kembali. Jegrek!

Sapi itu tak bisa bergerak, hanya kepalanya yang tampak manggut-manggut di celah dua papan besi. Di samping kandang penjepit itu tertulis immobilizer, alat yang membuat sapi tak berkutik, mati langkah. Di bawah immobilizer itu, ada timbangan elektronik yang hasil angkanya bisa dilihat di layar terpisah, bak kalkulator.

Banyak yang dilakukan dengan alat ini, seperti siang itu, Markus menyuntikkan obat steril yang disuntikkan melalui telinga kiri sapi.

Sementara itu, seorang pekerja Markus, Ray menjepret telinga sapi bagian kanan dengan penanda sapi telah disteril. Selanjutnya, Markus kembali menyemprot telinga kiri sapi yang telah disuntik tadi dengan cairan biru, bak menyemprotkan cat semprot. Srooot!

"Itu antiseptik. Juga supaya sapi tak dirubung lalat," ujar Markus yang meski terlihat lelah berkeringat, tetap memberi penjelasan dengan sabar dan senyum.   

Hanya tampak dua orang yang membantu Markus. Seorang laki-laki bernama Ray dan seorang perempuan yang mengenalkan diri bernama Margareth. Mereka adalah mitra. Ya, cuma dua orang, tiga orang termasuk Markus yang mengelola peternakan ini.

"Ya, kami bertiga yang setiap hari bekerja mengelola peternakan ini. Punya saya termasuk peternakan kecil untuk standar Northern Territory," tuturnya.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-11-10/di-australia-peternakan-40000-hektar-diurus-hanya-oleh-3-orang/1512256
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement