Selasa 10 Nov 2015 17:13 WIB

Peternakan 40 Ribu Hektare Ini Hanya Diurus Tiga Orang

Peternak Australia Markus Rathsmann.
Foto:

Di kandang itu, sekeliling tampak padang-padang rumput savana yang sedang mengering. Warna cokelat di mana-mana. Di luar kandang beratap, ada sapi-sapi betina sedang merumput dengan bebas. Di sisi satunya, terdapat tumpukan jerami kering yang sudah diikat.

Meski demikian, teknologi membantu mereka. Tampak satu kendaraan seperti mobil traktor bercat merah berdiri dengan gagah di samping kandang sapi betina yang telah disteril di mana Markus berada saat itu.

Di rumah Markus, 500 meter dari peternakan, ada mobil SUV silver yang sudah diselimuti debu. Ada pula motor ATV beroda empat dan mobil off road dengan bak terbuka warna kuning.

Meski bekerja di peternakan sendiri, Markus dibantu Ray dan Margareth bekerja cukup keras. Keluar mulai kerja sekitar pukul 06.30, istirahat siang sekitar pukul 12.00 dan kembali ke peternakan hingga pukul 17.00.

Markus menggaji Ray dan Margareth masing-masing 650 dolar Australia per pekan (kurs 1 dolar Australia sekitar Rp 10 ribu). Itu bersih. Ray dan Margareth tak perlu memikirkan biaya tempat tinggal karena Markus menyediakan rumah bagi mereka, terletak di samping rumah utama Markus. Tak perlu mengeluarkan biaya makan juga karena istri Markus, Maree Mounaro (46) selalu memasakkan mereka setiap hari.

Bila Markus bekerja di peternakan seharian maka Maree adalah seorang ibu rumah tangga yang mengurus rumah, mengantar-jemput anaknya Luke (10) ke sekolah yang jaraknya belasan kilometer, hingga memasak makanan hari itu.

Peternakan Markus adalah peternakan sapi indukan (breeding).

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-11-10/di-australia-peternakan-40000-hektar-diurus-hanya-oleh-3-orang/1512256
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement