Kamis 26 Nov 2015 18:08 WIB

Ilmuwan Australia Kembangkan Teknik Deteksi Sidik Jari Bersinar

Kang Liang mengembangkan teknik ini setelah rumahnya sendiri dimasuki maling.
Foto:

Teknik identifikasi menggunakan sidik jari sebenarnya sudah digunakan pihak kepolisian dan ahli forensik selama 100 tahun terakhir. CSIRO mengatakan menggabungkan metode terbaru iin dengan teknik yang sudah ada akan menghemat waktu, biaya dan meningkatkan penyelidikan.

"Ketika rumah saya dimasuki maling, saya melihat bagaimana seringnya teknik sidik jari ini digunakan polisi," kata Liang.

"Melihat teknik 'dusting' ini sudah digunakan begitu lama, saya mendapat inspirasi untuk menggunakan cara baru yang bisa mendapatkan hasil yang lebih baik."

"Sepanjang yang kami ketahui, ini adalah untuk pertama kalinya kristal dari apa yang disebut MOF (metal organic framework) diteliti untuk kepentingan forensik."

Kristal MOF ini memiliki beberapa keuntungan, seperti murah, bereaksi dengan cepat, dan menghasilkan sinar yang terang. Teknik ini juga tidak menimbulkan debu atau asap, mengurangi sampah dan kemungkinan dihirup.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2015-11-26/ilmuwan-australia-kembangkan-teknik-sidik-jari-agar-bersinar/1518918
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement